PENULISAN MEDIA PROMOSI WISATA DALAM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PEMERINTAH KOTA SEMARANG

*Ratna Asmarani  -  Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Atrinawati Atrinawati  -  Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 10 Nov 2017.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Artikel ini berdasarkan pengabdian masyarakat yang berupa pelatihan penulisan media promosi wisata, khususnya leaflet, kepada staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Diawali dengan mengkaji beberapa leaflet yang diterbitkan oleh Disbudpar Semarang ditemukanlah beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Untuk itu diadakan pelatihan bagi para staf yang menangani media promosi wisata. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah plus yang dibagi dalam empat langkah: ceramah/presentasi, contoh/demonstrasi, diskusi/tanya jawab, latihan/penerapan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah perlunya leaflet khusus untuk setiap objek wisata dengan keterangan yang ringkas dan persuasif dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk itu diperlukan pelatihan yang berkelanjutan. 

Kata kunci :  penulisan leaflet, Disbudpar Semarang, promosi wisata, objek wisata. 

Article Metrics:

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abedi, Saima. 2013. “Leaflet Writing”
  3. ( http://www.slideshare.net/saima_abedi/leaflet-writing-presentation diakses 16 November 2017)
  4. Decker, Fred. “Old Media Promotion Vs New Media Promotion”
  5. ( http://smallbusiness.chron.com/old-media-promotion-vs-new-media-promotion-41330.html diakses 18 November 2017)
  6. Middleton, Victor. 2015. “Tourism Destinations”
  7. ( http://www.tourismsociety.org/page/88/tourism-definitions.htm diakses 18 November 2017)
  8. “More on leaflets, pamphlets and flyers”
  9. ( https://www.alhidden.com/leaflet-writing diakses 16 November 2017)
  10. “6. Writing Leaflets and Brochures. UK and European Edition. Extract”
  11. ( http://www.inst.org/copy/extract.pdf diakses 16 November 2017)
  12. “The three major structural parts of a
  13. paragraph”
  14. ( http://users.utu.fi/micnel/Techwriting/techparaparts.htm diakses 17 November 2017)
  15. “20 Macam Macam Metode Pembelajaran
  16. Lengkap”
  17. ( https://dosenpsikologi.com/macam-
  18. macam-metode-pembelajaran diakses 18 November 2017)
  19. “Tour de Semarang Old City”. Leaflet diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang
  20. “Wisata Religi”. Leaflet diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang
  21. “Semarang Tourism Map”. Leaflet diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang
  22. “Wisata Alam Goa Kreo & Waduk Jatibarang Kota Semarang”. Leaflet diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang

Last update: 2021-02-27 17:49:35

No citation recorded.

Last update: 2021-02-27 17:49:35

No citation recorded.