PENERAPAN TASK-BASED LEARNING DALAM PELATIHAN BAHASA INGGRIS TERKAIT KRIMINALITAS BAGI PERSONEL POLRESTABES SEMARANG

*Dwi Wulandari -  Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Mytha Candria -  Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Retno Wulandari -  Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Arido Laksono -  Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 10 Nov 2017.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: INDONESIA
Full Text:
Statistics: 2413 194
Abstract

Task-Based Learning (TBL) merupakan metode pengajaran bahasa yang menitikberatkan pada pemberian tugas-tugas berjenjang disesuaikan dengan kemampuan pembelajar. Artikel ini bertujuan mengobservasi penerapan Task-Based Learning (TBL) dalam pelatihan bahasa Inggris bagi personel Polrestabes Semarang dengan topik bahasan kriminalitas. Metode TBL ini diterapkan dengan memberikan pre-test dan post-test pada 20 personel polisi . Ada 3 (tiga) tugas yang diobservasi pada pembelajaran ini, yakni kosa kata, arti berbasis konteks, dan struktur bahasa yang sederhana. Hasil menunjukkan bahwa penerapan TBL ini cocok untuk personel kepolisian yang dalam kasus ini mempunyai keragaman latar belakang kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, tugas-tugas tersebut mempunyai ciri yang terstruktur dan saling berkelanjutan, sehingga tingkat kesulitannya akan terkontrol, yang mana pada akhirnya penguasaan kosa kata akan lebih mudah.

Kata kunci :  Task-based learning, kosa kata, pre-test, post-test

Article Metrics:

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Baddeley, A. (1998). Human Memory: Theory and Practice. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon
  3. Chi, Feng M. 2007. Scaffolding EFL Learners’ comprehension of text. ALAA Congress Proceding. University of Wollongong, Australia
  4. Ellis, N.C., & Sinclair, S.G. 1996. Working memory in the acquisition of vocabulary and syntax: putting language in good order. The Quarterly Journal of Experimental Psychology. 49A (1), 234 -250
  5. https://www.languages.dk/archive/pools-m/manuals/final/taskuk.pdf accessed 19 November 2017
  6. Huckin, T. & Coady, J. (1999) Incidental Vocabulary Acquisition in a Second Language: A Review. SSLA. 21,181-193
  7. Krashen, S. D. (1985) Principles and Practice in Second Language Acquisition. English Language Teaching Series. London: Prentice-Hall International (UK) Ltd.
  8. Kurikulum KTSP Bahasa Inggris SMP dan SMA 2013
  9. Nunan, D. 2004. Task-Based Language Teaching. Cambridge: CUP
  10. Sanchez, A. 2004. The task-based approach in language teaching. INternational Journal of English Studies. Vol 4 (1) p. 39 - 71
  11. Willis, Jane. 1996. A Framework for Task-based Learning. Essex: Longman
  12. Wulandari, D. 2015. Integrating English in the Curriculum of Non-English Department. TEFLIN Proceeding. Denpasar : Universitas Udayana