TRAFFIC-LIGHT PARAGRAPH SEBAGAI MODEL PENULISAN BERBASIS FOLKLOR BAGI SISWA SMKN 6 SEMARANG

*Ratna Asmarani  -  Departemen Linguistik, Indonesia
Received: 18 Jun 2019; Published: 15 Jul 2019.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di SMKN 6 Semarang bertujuan untuk memberikan pelatihan praktis menulis paragraf promotif berbasis folklor bagi siswa kelas X jurusan Perhotelan. Keterampilan menulis paragraf yang baik akan menambah bekal kecakapan praktis untuk memasuki dunia kerja. Agar pelatihan penulisan ini menarik bagi para siswa, digunakan model penulisan paragraf dengan struktur lampu lalu lintas yang terbalik, yaitu Hijau-Kuning-Merah. Setiap warna mewakili unsur tertentu dalam suatu paragraf yang baik. Warna Hijau mewakili Kalimat Topik, warna Kuning mewakili Kalimat-kalimat Pendukung, dan warna Merah mewakili Kalimat Penutup. Untuk memudahkan pelatihan digunakan Metode Dwi Bahasa yang mengkombinasikan bahasa Inggris yang dipelajari dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu. Pelatihan penulisan paragraf ini terbagi dalam tiga sesi, yaitu sesi penyajian materi, sesi latihan terpandu, dan sesi evaluasi terpandu. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa kelas X jurusan Perhotelan SMKN 6 Semarang antusias mengikuti sesi demi sesi pelatihan karena mereka tidak terbebani oleh perasaan enggan atau takut untuk menulis. Simpulan yang bisa ditarik adalah diperlukan pelatihan praktis menggunakan model dan metode yang menarik dan sesuai dengan kawula muda agar pelatihan berjalan dengan lancar dan sukses.

Kata kunci :  folklor, paragraf, struktur lampu lalu lintas, metode dua bahasa

Funding: Fakultas Ilmu Budaya

Article Metrics:

  1. “Caption”
  2. ( https://slideplayer.com/slide/7904928/ accessed March 16, 2019)
  3. “Cat’s Birthday”
  4. ( https://www.wishesgreeting.com/cat-birthday-memes/ accessed March 16, 2019)
  5. “Concluding Sentences”
  6. ( https://www.tes.com/lessons/OTO9dyKerDOyKA/structuring-an-effective-paper accessed March 16, 2019)
  7. “Paragraph Writing Traffic Light”
  8. ( https://www.teacherspayteachers.com/Product/Paragraph-Writing-Traffic-Light-4003108 accessed March 9, 2019)
  9. “Parts of a Topic Sentence”
  10. ( https://www.slideshare.net/quailcreekacademy/topic-sentences-5079310 accessed March 16, 2019, slide 9)
  11. Saparbaevna, Kdyrsiykova Nargiza. “Bilingual Methods of Teaching English: Principles and Advantages.” ( http://www.rusnauka.com/16_PN_2016/Pedagogica/5_211516.doc.htm accessed October 9, 2018)
  12. “Stoplight Paragraph Example”
  13. ( https://www.teacherspayteachers.com/Product/Writing-Concluding-Sentences-Lesson-772832 accessed March 17, 2019)
  14. “Supporting Sentence/Point”
  15. ( https://www.slideserve.com/jeremy-potts/paragraph-development accessed March 16, 2019)
  16. “Time Transition Words”
  17. ( https://www.teacherspayteachers.com/Product/Transition-Stop-Light-Poster-962052 accessed March 9, 2019)
  18. “What is a Paragraph?”
  19. ( https://www.slideshare.net/chakafluk/paragraphs-and-topic-sentences-14860267 accessed March 16, 2019, slide 1)
  20. “What is Folklore?” 1
  21. ( https://www.slideshare.net/alikgarcia831/folklore-introduction-and-terms accessed March 15, 2019, slide 2)
  22. “What is Folklore?” 2
  23. ( https://slideplayer.com/slide/9732766/ accessed March 15, 2019)

Last update: 2021-02-25 15:09:19

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 15:09:20

No citation recorded.