PELATIHAN TEKNIK PENULISAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAN DAFTAR RUJUKAN BAGI GURU MGMP BAHASA INDONESIA KOTA SEMARANG

*Oktiva Herry Chandra  -  Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
M. Suryadi  -  Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Indonesia
Received: 18 Nov 2020; Revised: 24 Nov 2020; Accepted: 28 Nov 2020; Published: 30 Nov 2020; Available online: 1 Dec 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Guru tingkat dasar dan menengah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pribadi terutama dalam penulisan karya ilmiah, karena ini menjadi salah satu komponen dalam penilaian uji kompetensi. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan dan mengiriman artikel ke jurnal terakreditasi. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam menulis pembahasan, simpulan dan saran, dan daftar pustaka pada sebuah artikel. Pelatihan ini diselenggarakan dalam beberapa sesi, yaitu:  ceramah, tanya-jawab, diskusi kelas, simulasi penulisan artikel dan pendampingan. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan seksama. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang mengikuti dan pertanyaan terkait dengan materi pelatihan. Sebagian juga mengajukan pertanyaan teknis yang berkaitan dengan artikel yang sudah ditulis atau yang sedang ditulis.       

Kata kunci :  peningkatan kualitas, karya ilmiah, artikel, jurnal terakreditasi

 

ABSTRACT

Teachers in elementari and high school have responsibilities to improve their individual quality, especially in writing a scientific paper. This skill belongs to one component of competence evaluations. The quality improvement can be done in many ways, such as participating in an up grading training and uploading an article to accredited journals. This up grading training aims to enhance knowledge and skill on writing result and discussion, conclusion and suggestion, and reference in an scientific article. This training was scheduled in several sessions, namely presentation, questioning-aswering, class discussion, simulation of article writing, and supervision. The participants took part in this training intensively. This was indicated by the number of participants and questions related to the material of training. Some of them gave questions article they wrote or they were writing on.      

Keywords : quality improvement, scientific peper, article, accredited journal

Article Metrics:

  1. F. Hanum, “Strategi Penulisan Karya Ilmiah,” Strategi Penulisan Karya Ilm., 2009
  2. M. K.M Nasution, “Jurnal Nasional Mabagai jawaban hyuddin,” J. Nas. Mahyuddin, 2017
  3. C. Rahmawati, M. Meliyana, Y. Yuliana, and H. Zain, “Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2018, doi: 10.30999/jpkm.v8i1.200
  4. Yohandri, “Strategi Mempublikasikan Hasil Penelitian dalam Jurnal Internasional Bereputasi,” in Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika II, 2015
  5. A. Firmansyah, A. Arham, and R. A. Qadri, “Pelatihan Melalui Web Seminar Terkait Penulisan Artikel Berbasis Bibliographical Research Method dalam Bidang Akuntansi untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi,” INTEGRITAS J.Pengabdi., 2020
  6. J. W. Crissman, “Book Review: Writing Scientific Research Articles: Strategy andSteps,” Vet. Pathol., 2009, doi: 10.1177/030098580904600502
  7. A. Wallwork, English for Writing Research Papers. 2011

Last update: 2021-03-05 08:04:33

No citation recorded.

Last update: 2021-03-05 08:04:34

No citation recorded.