skip to main content

MENULIS PARAGRAF SEDERHANA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN STRUKTUR P.E.E.L. BAGI SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BAJA KAPAL SMK NEGERI 10 SEMARANG

*Ratna Asmarani  -  Departemen Linguistik, Indonesia
Wiwiek Sundari  -  Jurusan S1 Sastra Inggris, FIB, Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pandemi Covid 19 yang marak sejak Maret 2020 belum tertanggulangi sampai sekarang yang membuat segala aktivitas kehidupan termasuk proses belajar mengajar dan pelatihan-pelatihan harus beralih ke sistem daring (online). Oleh karena itu, pelatihan dalam rangka pengabdian masyarakat jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Undip, di SMK Negeri 10 Semarang juga dilakukan secara daring. Pelatihan berfokus pada mengajarkan kecakapan praktis, yaitu menulis paragraf pendek dalam bahasa Inggris. Penulisan paragraf mengikuti struktur yang dinamai P.E.E.L., singkata dari Point, Example, Evidence, dan Link. Struktur ini memberikan panduan praktis menulis paragraf pendek yang efisien dan lengkap. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode Dwi-Bahasa (Bilingual Method) yang mengikuti tiga tahap pengajaran, yaitu Presentation, Practice, and Production, yang sangat tepat untuk mengajarkan kecakapan berbahasa Inggris bagi pembelajar bukan penutur asli bahasa Inggris yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih belum cukup memadai. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan, siswa kelas XII Jurusan Teknik Konstruksi Kapal Baja di SMK Negeri 10 Semarang, dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan cukup antusias. Simpulan yang bisa ditarik adalah pelatihan praktis kecakapan berbahasa perlu diberikan secara periodik karena dapat menambah bekal praktis siswa dalam menghadapi dunia kerja.

Kata kunci :  pengabdian masyarakat, struktur paragraf P.E.E.L., metode Dwi-Bahasa

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-16 09:59:13

No citation recorded.