skip to main content

BERLATIH MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS DENGAN D.R.E.A.M.S. STRATEGY UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI JAWA TENGAH SEMARANG

*Ratna Asmarani  -  Departemen Linguistik, Indonesia
Wiwiek Sundari  -  Dosen Jurusan S1 Sastra Inggris FIB UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Sistem daring (online) menjadi jalan keluar bagi larangan tatap muka langsung di dalam kelas sejak adanya pandemi Covid 19 yang sudah menyebar di Indonesia sejak bulan Maret 2020. Pengabdian kepada masyarakat oleh tim jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universita Diponegoro di SMK Negeri Jawa Tengah Semarang juga diakukan secara daring dengan menggunakan Google Classroom sesuai media daring yang digunakan di SMKN tersebut. Pelatihan berisi tentang cara membaca teks berbahasa Inggris dengan menggunakan strategi yang disingkat D.R.E.A.M.S. Agar pelatihan berjalan dengan efisien dan menyenangkan, mengingat kemampuan berbahasa Inggris peserta yang masih kurang memadai, digunakan metode dwi-bahasa (bilingual method) yang terdiri atas tiga tahap pengajaran, yaitu Presentation, Practice, and Production. Pelatihan singkat tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas X jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri Jawa Tengah Semarang mengikuti pelatihan dengan gembira dan aktif. Simpulan yang dapat ditarik adalah pelatihan singkat tentang strategi membaca yang efisien perlu diberikan secara periodik, selain untuk mengurangi kejenuhan akibat rutinitas pengajaran daring yang sudah sekian lama, juga bisa untuk menambah skill praktis bagi para siswa.

Kata kunci: D.R.E.A.M.S., metode dwi-bahasa, SMK Negeri Jawa Tengah Semarang

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-23 05:24:29

No citation recorded.