skip to main content

PELATIHAN PERCAKAPAN BAHASA JEPANG DASAR UNTUK PELAJAR SMA

*Elizabeth Ika Hesti Aprilia Nindia Rini scopus  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Yuliani Rahmah  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang bagi siswa SMA sebagai pembekalan menghadapi era globalisasi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berbahasa asing dalam menghadapi era globalisasi. Negara Jepang sebagai negara dengan perkembangan ekonomi terkuat ke 3 di dunia telah mempengaruhi dunia melalui budaya, teknologi, ekonomi dan pariwisata. Memiliki keterampilan berbahasa Jepang yang baik menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh sumber daya manusia Indonesia yang ingin menjadikan Jepang sebagai tempat meningkatkan kualitas diri dan memperkaya wawasan. Dengan keterampilan berbahasa yang baik, kepercayaan diri siswa akan meningkat diikuti  dengan kemampuan beradaptasi yang cukup untuk meningkatkan daya saing dengan sumber daya manusia dari negara lain. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan langsung yang di selenggarakan secara daring. Responden dalam kegiatan pelatihan percakapan dasar bahasa Jepang ini diikuti oleh 30 orang siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang. Hasil pelatihan percakapan dasar bahasa Jepang ini menunjukkan bahwa siswa masih membutuhkan banyak pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sekolah mempunyai tugas dan peran untuk menyediakan sarana dan pra sarana untuk memfasilitasi dengan memperbanyak proses pelatihan bahasa Jepang.

Kata kunci: pelatihan, bahasa Jepang, globalisasi, sumber daya manusia

 

ABSTRACT

This community service activity aims to improve Japanese language skills for high school students as a debriefing to face the era of globalization. This activity is motivated by the increasing need for human resources who have foreign language skills in facing the era of globalization. Japan as a country with the 3rd strongest economic development in the world has influenced the world through culture, technology, economy and tourism. Having good Japanese language skills is the main thing needed by Indonesian human resources who want to make Japan a place to improve their quality and enrich their knowledge. With good language skills, students' self-confidence will increase followed by sufficient adaptability to increase competitiveness with human resources from other countries. This community service uses direct training methods that are held online. The respondents in this basic Japanese conversation training activity were attended by 30 students of class X SMA Kesatrian 1 Semarang. The results of this basic Japanese conversation training show that students still need a lot of training to increase self-confidence. Schools have the duty and role to provide facilities and infrastructure to facilitate the expansion of the Japanese language training process.

Keywords: training, Japanese, globalization, human resources

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Taniguchi, Sumiko dkk. (2001). Hajime no Ippo. Tokyo : 3A Network
  2. Yusuf, Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
  3. Referensi dari website
  4. https://www.industry.co.id/read/70389/kabar-gembira-70-persen-perusahaan-jepang-tetap-berinvestasi-di-indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-04 01:09:08

No citation recorded.