skip to main content

PENELUSURAN, IDENTIFIKASI, DAN EVALUASI SUMBER INFORMASI DIGITAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

*Heriyanto Heriyanto orcid  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Rukiyah Rukiyah  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Lydia Christiani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kemampuan mencari, mendapatkan dan memilih informasi yang relevan selalu menjadi problematika bagi siswa termasuk siswa SMA. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui mengidentifikasi dan melatih siswa SMA untuk mencari sumber informasi digital menggunakan Google Scholar. Pengabdian kepada Masyarakat ini melibatkan guru pustakawan dan siswa SMA yang kedua pihak secara bersama-sama diajak melakukan dialog tentang kebiasaan mencari informasi melalui Internet dan memilih sumber informasi yang relevan dengan kebutuhan. Tahap berikutnya, siswa diberikan case study dan diberi kesempatan mencoba Google Scholar untuk menemukan informasi. Selanjutnya siswa diminta melakukan seleksi infrmasi sesuai permasalahan yang sudah ditentukan. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini guru pustakawan dan siswa semakin terampil dan kritis dalam menggunakan search engine ilmiah, dan memilih informasi yang akurat dan valid. 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Bhat, N. A., Ganaie, S. A., & Khazer, M. (2015). Information behavior of scholarly community with e-resources: A case study of Sher-e-Kashmir University of Agricultural Sciences and Technology of Kashmir. Library Philosophy and Practice, 2015(1)
  2. Blummer, B., & Kenton, J. M. (2015). Improving Student Information Search: a metacognitive approach. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/C2013-0-18367-5
  3. Hamami, T., Sinaga, D., Erwina, W., Studi, P., Perpustakaan, I., & Unpad, F. (2014). Perilaku Pencarian Informasi Sebagai Sumber Gagasan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(2), 111–120
  4. Heriyanto, H. (2019). Exploring Case Study Method for Library and Information Science Research. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i2.22032
  5. Taylor, A. (2012). A study of information search behaviour of the millennial generation. Information Research, 17(1), 1–14. Retrieved from http://informationr.net/ir/17-1/paper508.html
  6. Thomas, S., Tewell, E., & Willson, G. (2017). Where Students Start and What They Do When They Get Stuck: A Qualitative Inquiry into Academic Information-Seeking and Help-Seeking Practices. Journal of Academic Librarianship, 43(3), 224–231. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.02.016
  7. Timpson, H., & Sansom, G. (2011). A student perspective on e-Resource discovery: Has the Google factor changed publisher platform searching forever? Serials Librarian, 61(2), 253–266. https://doi.org/10.1080/0361526X.2011.592115

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 12:42:53

No citation recorded.