skip to main content

PENDAMPINGAN PENCATATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI MANYARAN 01 SEMARANG

*Tri Handayani  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Endah Sri Hartatik  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pendampingan merupakan kegiatan menemani seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pendampingan dalam kegiatan ini adalah pendampingan pencatatan koleksi perpustakaan sekolah dasar dengan menggunakan sistem yang telah diatur dalam Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Pencatatan koleksi perpustakaan dilakukan pada Buku Induk secara manual maupun elektronik. Tujuan pendampingan adalah meningkatkan efektifitas kerja para pengelola arsip dalam mencapai tujuan. Tujuan pencatatan koleksi pustaka identik dengan tujuan pengolahan koleksi, yaitu memudahkan temu balik koleksi yang diperlukan. Buku Induk juga merupakan salah satu komponen sarana prasarana yang dinilai dalam program penilaian sekolah. Kegiatan pendampingan diperlukan oleh Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Semarang karena sekolah ini belum pernah membuat Buku Induk. Peserta pendampingan adalah pengelola perpustakaan dan guru kelas yang diberikan tugas tambahan mengelola perpustakaan. Hasil kegiatan adalah pengelola perpustakaan memiliki pengetahuan baru tentang Buku Induk. Hasil tambahan adalah draft Buku Induk. Draft ini sangat penting karena merupakan salah satu kelengkapan dokumen sarana prasarana yang dinilai dalam kegiatan penilaian sekolah

Kata kunci : Pendampingan, Perpustakaan, Buku Induk, Sarana Prasarana, Sekolah Dasar

 

ABSTRACT

Mentoring is an activity to accompany a person or group of people to achieve the expected goals. Mentoring in this activity is mentoring in recording elementary school library collections using a system that has been regulated in the School Library Administration Guidelines. Recording of library collections is carried out on the Main Book manually or electronically. The purpose of the mentoring is to increase the effectiveness of the library managers' work in achieving the goals.  The purpose of recording library collections is identical to the purpose of processing collections, that is to facilitate the retrieval of the required collection. The Parent Book is also one of the components of the facilities that are assessed in the school assessment program. Mentoring activities are needed by this school because this school has never made the Main Book. Mentoring participants are library managers and classroom teachers who are given additional tasks to manage the library. The result of the activity is that the library manager has new knowledge about the Main Book. An additional result is a draft of the Main Book.  This draft is very important because it is one of the completeness of the infrastructure documents that are assessed in school assessment activities

Keywords: Mentoring, Library, Main Book, Facilities, Primary School

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. C. Larasati Milburga dkk, 2001. Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Kanisius
  2. Desi Eri Kusumaningrum, dkk. Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah, Jurnal Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat Vol.2, No.3, 2019, hlm.164-169
  3. Dinas Pendidikan Kota Semarang, 2018. Perubahan Kedua Renstra Dinas Pendidikan Kota Semarang Tahun 2016 – 2021
  4. Lasa Hs, 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher
  5. Nurcahyono dkk, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
  6. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
  7. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2000. Petunjuk Teknis Registrasi Bahan Pustaka ke dalam Buku Induk. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
  8. https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=news&id=16
  9. https://elibrary.bsi.ac.id/readnews/2019/01/10/sejarah-perpustakaan-di-indonesia.html
  10. https://indonesia.go.id/kategori/komoditas/1321/hadiah-nobel-ekonomi-dan-sd-inpres-indonesia
  11. Wiji Suwarno, 2016. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  12. Informan
  13. Nama: Pravita Rachmawati
  14. Usia: 30 Tahun
  15. Pekerjaan: Tenaga Operator

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 05:10:23

No citation recorded.