skip to main content

PENTINGNYA MEMBANGUN KELUARGA HARMONIS DI KALANGAN PENGEMUDI BECAK WISATA DI YOGYKARTA

*Sri Sudarsih  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Iriyanto Widisuseno  -  Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pengabdian masyarakat ini terfokus pada pentingnya membangun keluarga harmonis di kalangan pengemudi becak wisata di Yogyakarta. Pengemudi becak merupakan pelaku pariwisata di Yogyakarta, yang tentu saja berkaitan dengan etika pelayanan. Keluarga yang harmonis membawa konsekuensi pada kepribadian seseorang, termasuk pengemudi becak sebagai individu yang harus memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan.Metode yang digunakan dalam pengabdian terhadap pengemudi becak wisata ini adalah sosialisasi dan diskusi interaktif. Membangun keluarga harmonis bagi penegmudi becak menjadi sesuatu yang imperatif. Keluarga harmonis tercipta karena adanya cinta di dalamnya dan masing-masing anggota keluarga menjalankan perannya. Pengemudi becak yang berasal dari keluarga harmonis, menjadikan hidupnya dilandasi oleh nilai-nilai etika yang membawa konsekuensi lebih jauh pada pelayanan yang prima terhadap para wisatawan. Hal ini sangat penting karena kesan terhadap pelaku pariwisata ini menentukan performace pariwisata di Yogyakarta.

Kata kunci: harmonis, keluarga, pengemudi becak

 

ABSTRACT

This community service focuses on the importance of building a harmonious family among tourist rickshaw drivers in Yogyakarta. Pedicab drivers are tourism actors in Yogyakarta, which of course is related to service ethics. A harmonious family brings consequences to a person's personality, including pedicab drivers as individuals who must provide the best service for tourists. The method used in the dedication to this tourist rickshaw driver is socialization and interactive discussion. Building a harmonious family for pedicab drivers is imperative. A harmonious family is created because of the love in it and each family member carries out his role. Rickshaw drivers who come from harmonious families, make their lives based on ethical values which have further consequences for excellent service to tourists. This is very important because the impression of these tourism actors determines the performance of tourism in Yogyakarta.

Keyword: harmonious, family, rickshaw driver

 

 

 

 

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Dagun, Save M. 2000. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN)
  2. Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2016. Undang-Undang R.I. Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, Citra Umbara. Bandung
  3. Fromm, Erich. 2002. Cinta Seksualitas Matriarkhi Gender. Yogyakarta: Jalasutra
  4. Leahy, Louis. 2001. Siapakah Manusia: Sintesis Filosofis tentang Manusia. Yogyakarta: Kanisius
  5. Soekamto, Soejono. 2009. Sosiologi Keluarga: Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Teilhard de Chardin, Pierre. 1964. The Future of Man. New York: Harper & Row
  7. --------------- , 1969, Human Energi, diterjemahkan dari judul L’Energie Humaine oleh J. M.Cohen, Collins ST James’s Place. London
  8. https://kbbi.web.id/harmoni, diakses pada tanggal 19 November 2021
  9. https://kbbi.web.id/keluarga, diakses pada tanggal 16 November 2021
  10. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-keluarga/, diakses pada tanggal 16 November 2021
  11. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/2005/5/128600338_file5.pdf, diakses pada tanggal 18 Vnovember 2021

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-02 09:39:05

No citation recorded.