BibTex Citation Data :
@article{HM46594, author = {Sri Wahyu Istana Trahutami and Reny Wiyatasari}, title = {PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG}, journal = {Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat}, volume = {6}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = { Pandemi telah mengubah seluruh aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Kondisi pandemi memaksa sistem pembelajaran luring berubah menjadi daring sampai sekarang. Pembelajar maupun guru harus menyesuaikan dengan cepat terhadap kondisi perubahan ini. Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Pembelajar dapat menemukan berbagai informasi dan pengetahuan dengan cepat melalui internet untuk menunjang pembelajaran daring ini. Sudah banyak tersedia platform, termasuk aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang mudah diakses, menarik, mudah digunakan, dan tidak berbayar. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pembelajar Bahasa Jepang bagaimana menggunakan berbagai platform pembelajaran Bahasa Jepang agar dapat belajar secara mandiri sekaligus meningkatkan kompetensi berbahasa. Pelatihan ini dilakukan secara daring dan luring dengan sasaran kegiatan siswa SMA, mahasiswa, maupun calon pemagang ke Jepang/ kenshuusei selama lima minggu. Pelatihan ini berhasil dengan baik ditandai dari indikator ketercapaian jumlah peserta pelatihan, ketercapaian penguasaan materi, ketercapaian tujuan pelatihan juga dari hasil survei kepuasan peserta pelatihan. Kata Kunci: Aplikasi Belajar Bahasa, Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Platform Pembelajaran The pandemic has changed all aspects of life, one of which is education. The pandemic condition forced the offline learning system to be online until now. Learners and teachers must adapt quickly to these changing conditions. Teachers are no longer the only source of learning. Learners can find various information and knowledge quickly through the internet to support this online learning. There are many platforms available, including easy-to-access, attractive, easy-to-use, and free Japanese learning applications.This training aims to provide training to Japanese language learners on how to use various Japanese language learning platforms so that they can study independently while increasing language competence. This training is conducted online and offline with the target of activities for high school students, university students, and prospective apprentices to Japan/kenshuusei for five weeks. This training was successful, marked by the indicators of the achievement of the number of training participants, the achievement of mastery of the material, the achievement of the training objectives as well as the results of the training participant satisfaction survey. Keywords: language learning applications, learning media, online learning, learning platforms }, issn = {2599-1795}, pages = {124--129} doi = {10.14710/hm.6.1.124-129}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/46594} }
Refworks Citation Data :
Pandemi telah mengubah seluruh aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Kondisi pandemi memaksa sistem pembelajaran luring berubah menjadi daring sampai sekarang. Pembelajar maupun guru harus menyesuaikan dengan cepat terhadap kondisi perubahan ini. Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Pembelajar dapat menemukan berbagai informasi dan pengetahuan dengan cepat melalui internet untuk menunjang pembelajaran daring ini. Sudah banyak tersedia platform, termasuk aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang mudah diakses, menarik, mudah digunakan, dan tidak berbayar. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pembelajar Bahasa Jepang bagaimana menggunakan berbagai platform pembelajaran Bahasa Jepang agar dapat belajar secara mandiri sekaligus meningkatkan kompetensi berbahasa. Pelatihan ini dilakukan secara daring dan luring dengan sasaran kegiatan siswa SMA, mahasiswa, maupun calon pemagang ke Jepang/kenshuusei selama lima minggu. Pelatihan ini berhasil dengan baik ditandai dari indikator ketercapaian jumlah peserta pelatihan, ketercapaian penguasaan materi, ketercapaian tujuan pelatihan juga dari hasil survei kepuasan peserta pelatihan.
Kata Kunci: Aplikasi Belajar Bahasa, Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Platform Pembelajaran
The pandemic has changed all aspects of life, one of which is education. The pandemic condition forced the offline learning system to be online until now. Learners and teachers must adapt quickly to these changing conditions. Teachers are no longer the only source of learning. Learners can find various information and knowledge quickly through the internet to support this online learning. There are many platforms available, including easy-to-access, attractive, easy-to-use, and free Japanese learning applications.This training aims to provide training to Japanese language learners on how to use various Japanese language learning platforms so that they can study independently while increasing language competence. This training is conducted online and offline with the target of activities for high school students, university students, and prospective apprentices to Japan/kenshuusei for five weeks. This training was successful, marked by the indicators of the achievement of the number of training participants, the achievement of mastery of the material, the achievement of the training objectives as well as the results of the training participant satisfaction survey.
Keywords: language learning applications, learning media, online learning, learning platforms
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 04:31:05
View My Stats