skip to main content

PELESTARIAN WARISAN BUDAYA MELALUI SOSIALISASI CERITA PANJI KEPADA GURU DAN SISWA SDN 2 GOGODALEM KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG

*Herpin Nopiandi Khurosan  -  Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, Indonesia
Yuniardi Fadilah  -  Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, Indonesia
Fajrul Falah  -  Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pelestarian kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia penting untuk dilakukan pada keseluruhan budaya yang dimiliki. Upaya ini juga dilakukan terhadap salah satu kekayaan budaya Indonesia: Cerita Panji. Pelestarian Cerita Panji ini menjadi penting sebab statusnya yang merupakan warisan kebudayaan dunia. Oleh karena itu, sosialisasi keberadaan dan nilai penting Cerita Panji perlu dilakukan dengan menyasar generasi muda beserta pihak terkait. Dalam hal ini, generasi muda adalah para siswa SD kelas 6 sedangkan pihak terkait mencakup para pengajar atau guru SDN Gogodalem 2, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Sosialisasi ini bertujuan agar para siswa dan guru sadar, tidak sekadar mengetahui, nilai penting Cerita Panji serta upaya pelestariannya. Ini dilakukan guna mengingatkan keberadaan Cerita Panji serta mencegah kepunahannya. Selain sosialisasi, kegiatan ini juga diisi oleh inventarisasi Cerita Panji dalam bentuk buku bacaan ringkas–booklet–untuk menambah bacaan perpustakaan sekolah.

 

Kata kunci: Cerita Panji, Sosialisasi, Pelestarian Budaya, Sekolah Dasar

 

ABSTRACT

Preservation of the culture that Indonesia owns is vital to be carried out on the whole culture it has. This effort is also carried out on one of Indonesia's cultural treasures: the Panji tales. The preservation of the Panji tales is essential because of its status as a world cultural heritage. Therefore, the socialization of the existence and importance of the Panji tales needs to be carried out by targeting the younger generation and related parties. In this case, the younger generation is the 6th-grade elementary school students while the related parties include the teachers of SDN Gogodalem 2, Bringin Sub-District, Semarang Regency. This socialization aims to make students and teachers aware, not just knowing, of the important value of the Panji tales and its conservation efforts. In addition to socialization, this activity was also filled with an inventory of Panji tales in the form of short reading books–booklets–to add to the school library reading.

Keywords: Panji Tales, Socialization, Cultural Preservation, Elementary School

 

 

 

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. KWRI UNESCO. 2017. “Cerita Panji dan Perjuangan Menuju Memory of the World UNESCO. https://kwriu.kemdikbud.go.id/berita/cerita-panji-dan-perjuangan-menuju-memory-of-the-world-unesco/ Diakses 15 November 2022
  2. Munandar, Agus Aris. 2014. Panji dan Para Kadeyan Mengembara dalam Kebudayaan Nusantara. Dalam Panji dalam Berbagai Tradisi Nusantara. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan
  3. Putranto, Widiatmoko Adi dan Indah Novitas Sari. 2018. “Pelestarian Warisan Budaya di Local Studies Center dengan Pemanfaatan Media Sosial”. Jurnal Diplomatika, Vol. 1, No. 2, Maret. 71-81
  4. Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia: Suatu Pengantar. Bandung: Ghalia Indonesia
  5. Sumaryono. 2011. “Cerita Panji antara Sejarah, Mitos, dan Legenda” . Jurnal Mudra, Vol. 26, No. 11, Januari. 17-24
  6. Sumaryono. 2020. “Persebaran Cerita Panji dalam Spirit Kenusantaraan”. Jurnal Dance and Theater Review, Vol.3, No.1, Mei. 46-57
  7. Widyatwati, Ken dan Laura Andri Retno Martini. 2022. “Pelatihan Teknik Penulisan Surat Resmi pada Organisasi Pemuda Karangan Taruna di Kabupaten Semarang”. Jurnal Harmoni Vol. 6 No. 1 Juni. 80-87

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 01:55:39

No citation recorded.