skip to main content

PENDAMPINGAN PENETAPAN KLASIFIKASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI MANYARAN 01 SEMARANG

*Tri Handayani  -  Department of History, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Endah Sri Hartatik  -  Department of History, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Klasifikasi secara teoritis merupakan kegiatan pengolahan koleksi pustaka di perpustakaan setelah koleksi tersebut diterima oleh petugas perpustakaan. Pengklasifikasian terhadap koleksi perpustakaan penting untuk dilakukan agar koleksi mengumpul berdasar subyek yang sama. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ilmu Budaya Undip pada semester gasal 2022/2023 melanjutkan kegiatan pengabdian pada semester-semester sebelumnya. Kegiatan semester ini adalah memberikan pendampingan penetapan klasifikasi koleksi perpustakaan milik perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semarang. Kegiatan ini tidak mudah dilakukan karena: (1) sekolah ini tidak memiliki pustakawan; (2) pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan justru diberikan tugas sebagai operator sekolah; (3) para guru yang diberikan tugas tambahan untuk mengelola perpustakaan tidak memiliki ilmu perpustakaan. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) untuk memberikan kemudahan bagi para pemustaka menemu kembali koleksi perpustakaan yang diperlukan; (2) membuka jalan bagi Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Semarang menuju era keterbukaan informasi layanan dan koleksi pustaka yang dimiliki sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, pendampingan mengklasifikasi koleksi perpustakaan. Hasil dari kegiatan ini adalah: (1) Kegiatan ini menambah pengetahuan para guru yang diberikan tugas tambahan untuk mengelola perpustakaan tentang decimal dewey classification dan pengklasifikasian koleksi; (2) Semua koleksi sudah memiliki call number, tajuk entry utama, tajuk entry tambahan; (3) Buku Inventaris/Buku Induk semakin lengkap dengan informasi call number, tajuk entry utama, tajuk entri tambahan.

 

Kata kunci: buku inventaris, klasifikasi, call number, pendampingan, perpustakaan sekolah dasar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Classification is theoretically an activity of processing library collections in the library after the collection is received by the librarian. Classification of library collections is important to do so that collections collect based on the same subject The Public Service Team from the Faculty of Humanities, Diponegoro University in the odd semester of 2022/2023 continued service activities in the previous semesters. This semester's activity is to provide assistance in determining the classification of library collections belonging to the Manyaran 01 Semarang Elementary School library. This activity is not easy to do because: (1) this school does not have a librarian; (2) employees who have an educational background in library science are actually given the task of being school operators; (3) the teachers who are given additional tasks to manage the library do not have library knowledge. The purpose of this activity are: (1) to make it easier for users to find the library collections they need; (2) paving the way for the Manyaran 01 State Elementary School Semarang towards the era of openness of service information and library collections owned by the school. The method used is discussion, question and answer, assistance in classifying library collections. The results of this activity are: (1) This activity increases the knowledge of teachers who are given additional tasks to manage libraries about decimal dewey classification and classification of collections; (2) all collections already have call numbers, main entry headers, added entry headers; (3) The Inventory Book/Master Book is getting more complete with call numbers, main entry headers, additional entry headers.

 

Keywords: book inventory, classification, call number, assistance, elementary school library

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Lasa Hs, 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher
  2. Nurcahyono dkk, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
  3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2012. Perpustakaan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SNP 007:2012)
  4. Soeatmnah, 2000. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius
  5. Towa P. Hamakonda dan Tairas, 2012. Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Jakarta: PT. BPT Gunung Mulia
  6. Tri Handayani dan Endah Sri Haratik. Pendampingan Pencatatan Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni Vol.5, No.5, 2021, hlm.70-80
  7. Tri Handayani dan Endah Sri Haratik. Pendampingan Penetapan Nomor Inventaris Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni Vol. , No. , 2022, hlm.109 - 123
  8. Lumbung Data Pendidikan Pemerintah Kota Semarang, http://dapodik.semarangkota.go.id/satuan_pendidikan/dikdas, Diakses Sabtu, 29 Oktober 2022
  9. Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/036300, Diakses Sabtu, 29 Oktober 2022
  10. Informan:
  11. Nama: Pravita Rachmawati
  12. Usia: 30 Tahun
  13. Pekerjaan: Kepala Sekolah
  14. Status Kepegawaian: ASN
  15. Nama: Pravita Rachmawati
  16. Usia: 30 Tahun
  17. Pekerjaan: Tenaga Operator
  18. Status Kepegawaian: Non ASN

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 22:30:21

No citation recorded.