BibTex Citation Data :
@article{HM55523, author = {Elizabeth Rini and Yuliani Rahmah}, title = {PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA JEPANG DALAM DUNIA KERJA}, journal = {Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat}, volume = {7}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { ABSTRAK Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi para calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di Jepang melalui pelatihan penggunaan bahasa Jepang yang umum digunakan dalam dunia kerja dan bisnis. Pelatihan ini dilaksanakan di Lembaga Pelatihan Kerja Cahaya Mandiri Indonesia Karanganyar Jawa Tengah. Pelatihan ini menggunakan metode tatap muka secara langsung dalam penyampaian materi dan praktek. Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini, diharapkan tenaga kerja Indonesia yang berangkat ke Jepang memiliki nilai lebih dengan kemampuan berbahasa Jepang yang baik saat bekerja di Jepang. Dalam pelaksanaanya, peserta dapat mengasah kemampuan bahasa Jepang dengan pelatihan yang interaktif dan praktis serta mendapat bimbingan dari pemateri. Kemampuan berkomunikasi yang baik diharapkan juga mampu meningkatkan kepercayaan diri tenaga kerja. Kata kunci: Jepang, komunikasi, bisnis ABSTRACT Community service aims to improve the communication skills in Japanese of Indonesian prospective workers who will work in Japan through training in the use of Japanese language commonly used in the workplace and business. This training is conducted at the Lembaga Pelatihan Kerja Cahaya Mandiri Indonesia in Karanganyar, Central Java. The training employs face-to-face methods in both theoretical and practical forms. Through this community service, it is expected that Indonesian workers going to Japan will have an added value with good Japanese language skills while working in Japan. During the implementation, participants can hone their Japanese language skills through interactive and practical training, as well as receive guidance from mentors. Potential challenges may arise in introducing Japanese culture and language. Effective communication skills can also enhance the self-confidence of the workers. Keywords: Japan, communication, business }, issn = {2599-1795}, pages = {26--31} doi = {10.14710/hm.7.1.26-31}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/55523} }
Refworks Citation Data :
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi para calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di Jepang melalui pelatihan penggunaan bahasa Jepang yang umum digunakan dalam dunia kerja dan bisnis. Pelatihan ini dilaksanakan di Lembaga Pelatihan Kerja Cahaya Mandiri Indonesia Karanganyar Jawa Tengah. Pelatihan ini menggunakan metode tatap muka secara langsung dalam penyampaian materi dan praktek. Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini, diharapkan tenaga kerja Indonesia yang berangkat ke Jepang memiliki nilai lebih dengan kemampuan berbahasa Jepang yang baik saat bekerja di Jepang. Dalam pelaksanaanya, peserta dapat mengasah kemampuan bahasa Jepang dengan pelatihan yang interaktif dan praktis serta mendapat bimbingan dari pemateri. Kemampuan berkomunikasi yang baik diharapkan juga mampu meningkatkan kepercayaan diri tenaga kerja.
Kata kunci: Jepang, komunikasi, bisnis
ABSTRACT
Community service aims to improve the communication skills in Japanese of Indonesian prospective workers who will work in Japan through training in the use of Japanese language commonly used in the workplace and business. This training is conducted at the Lembaga Pelatihan Kerja Cahaya Mandiri Indonesia in Karanganyar, Central Java. The training employs face-to-face methods in both theoretical and practical forms. Through this community service, it is expected that Indonesian workers going to Japan will have an added value with good Japanese language skills while working in Japan. During the implementation, participants can hone their Japanese language skills through interactive and practical training, as well as receive guidance from mentors. Potential challenges may arise in introducing Japanese culture and language. Effective communication skills can also enhance the self-confidence of the workers.
Keywords: Japan, communication, business
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-05 07:23:14
View My Stats