skip to main content

PENGEMBANGAN UMKM KONVEKSI ALVARO PRODUCTION MELALUI BRANDING DAN TEKNOLOGI DIGITAL DI DESA REMBUN PEKALONGAN

*Fajrul Falah  -  Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Riris Tiani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Marwini Marwini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Dyah Ayu Sekar  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Rossi Nur Iriani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Elysa Qothrun Nada  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Salah satu usaha UMKM yang sedang mengalami pertumbuhan dan memiliki potensi yang menjanjikan di Desa Rembun adalah Alvaro Production. UMKM di Desa Rembun Kabupaten Pekalongan ini, menjadi mitra dalam program pengabdian kepada Masyarakat. Tujuan pengabdian kepada masayrakat ini adalah pengembangan UMKM Alvaro Production melalui branding dan pemanfaatan teknologi digital. Metode dan tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi, studi literature, survei, observasi, wawancara mendalam, pelatihan dan pemebrian materi, dan praktik. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini antara lain pembuatan logo produk, pemanfaatan media sosial, pembuatan website Linktree, pembuatan katalog produk, dan penambahan lokasi UMKM pada Google Maps. Hasil pelaksanaan pengabdian memuat strategi branding meningkatkan kesadaran merek, aksesibilitas produk, dan interaksi pelanggan. Selain itu, mitra memiliki akses pemasaran yang lebih meluas. kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan perspektif atau pendekatan lain, sehingga mitra Alvaro Production lebih berkembang dan Desa rembun memiliki produk unggulan.

Kata Kunci: Pengembangan, Branding, Teknologi Digital, UMKM, Rembun

 

ABSTRACT

One of the MSME businesses that is experiencing growth and has promising potential in Rembun Village is Alvaro Production. MSMEs in Rembun Village, Pekalongan Regency, are partners in the community service program. The aim of this community service is the development of Alvaro Production MSMEs through branding and the use of digital technology. The methods and stages carried out in implementing this service include literature studies, surveys, observations, in-depth interviews, training and providing materials, and practice. The outputs produced in this activity include creating product logos, utilizing social media, creating a Linktree website, creating product catalogues, and adding MSME locations to Google Maps. The results of the implementation of the service include branding strategies to increase brand awareness, product accessibility and customer interaction. In addition, partners have wider marketing access. This activity needs to be followed up with another perspective or approach, so that Alvaro Production partners develop further and Rembun Village has superior products.

Keywords: Development, Branding, Digital Technology, UMKM, Rembun


Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Ariyanto, A. (2021). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini, Entrepreneurial Mindsets & Skill. Insan Cendekia Mandiri, 146 hlm
  2. Falah, F. (2018). Estetika Batik Tulis Motif “Bintang Laut” Pekalongan, Jawa Tengah (Kajian Estetika). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(1), 16- 25. https://doi.org/10.14710/nusa.13.1.16-25
  3. ______. (2022). Pemanfaatan Bahasa dan Digital Marketing Bagi UKM di Desa Blacanan, Kabupaten Pekalongan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66-70
  4. ______. 2023. Penerapan Bahasa dan Branding UMKM Produk Kantong Celana “Hasbuna” Desa Rembun Pekalongan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 95-100
  5. https://economy.okezone.com/read/2016/03/14/320/1335244/potensi-ekonomi-digital-harus-dimanfaatkan
  6. Kominfo. “Potensi Ekonomi Digital harus Dimanfaatkan. Diakses melalui https://www.kominfo.go.id/content/detail/7097/potensi-ekonomi-digital-harus dimanfaatkan/0/sorotan_media, pada 2 Februari 2024
  7. Mahirun, M., Ayuningrum, A. P., Prasetiani, T. R., & Jannati, A. (2024). PKM : Optimalisasi Pengelolaan UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 628–635. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.876
  8. Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124
  9. Nadhiro, S., Rachmasari, S. S., Jayanti, R., Amelia, S., & Sholihatin, E. (2023). Penggunaan Ragam Bahasa Dalam Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok@ eatsambel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 642-653
  10. Prasetyani, Titi Rahayu, Choliq Sabana, dan Andi Kushermanto. 2023. “Penguatan Manajemen Bisnis UMKM Ekonomi Kreatif Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan” DIMASEKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 1. No 1. April 2023,
  11. Tiani, R., & Lathifah, A. (2021). “Pelatihan Promosi Digital bagi Masyarakat Desa Wisata Teras Gunung Kabupaten Ungaran”. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 101-105. https://doi.org/10.14710/hm.5.2.107-111
  12. ______. (2021). “Diversifikasi UMKM Masa Pandemi bagi Masyarakat Desa Wisata Teras Gunung Kabupaten Ungaran”. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1-5. https://doi.org/10.14710/hm.5.2.1-5

Last update:

  1. PENGEMBANGAN UMKM ASEP TEMPE MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL DAN STRATEGI INOVASI DI DESA REMBUN PEKALONGAN

    Riris Tiani, Fajrul Falah, Fitri Dwi Cahyani, Yuhana Puspita. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8 (2), 2024. doi: 10.14710/hm.8.2.113-119

Last update: 2024-12-21 12:18:49

No citation recorded.