skip to main content

INOVASI PROMOSI DIGITAL DAN PERAN BAHASA DALAM MENCIPTAKAN DESA KREATIF: STUDI KASUS DI BLACANAN, KABUPATEN PEKALONGAN

*Fajrul Falah  -  Faculty of Humanities, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Riris Tiani  -  Faculty of Humanities, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Bagus Nuari Priambudi  -  Faculty of Humanities, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Amanda Rafaelya Pramesti  -  Faculty of Humanities, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Zaila Siti Sintana  -  Faculty of Humanities, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Desa Blacanan merupakan salah satu desa di pesisir Kabupaten Pekalongan yang mengalami pertumbuhan dalam bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Keberadaan beberapa UMKM seperti “DNA Crabs” dan “Nafri Fashion” yang menjadi mitra pengabdian kali ini menjadi bukti besarnya potensi usaha di Desa Blacanan. Potensi yang dimiliki pada “DNA Crabs” dan “Nafri Fashion” di Desa Blacanan ini dapat dikembangkan lagi agar Usaha Mikro Kecil Menengah tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu menciptakan desa kreatif melalui inovasi promosi digital dan peran bahasa. Metode yang digunakan serta tahapan yang dilaksanakan antara lain menggunakan survei serta observasi lapangan, wawancara mitra secara mendalam dengan beberapa pertanyaan sebagai media perantara untuk menggali informasi dari mitra, serta melakukan studi pustaka melalui beberapa jurnal terdahulu. Hasil pengabdian pada masyarakat ini menghasilkan luaran berupa artikel jurnal dan website layanan bahasa.  Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini membutuhkan tindak lanjut sebagai jawaban untuk perkembangan UMKM berbasis digital khususnya di Desa Blacanan.

Kata kunci: UMKM, Promosi Digital, DNA Crabs, Nafri Fashion, Blacanan 

 ABSTRACT

Blacanan Village is one of the villages on the coast of Pekalongan Regency that is experiencing growth in the field of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The existence of several MSMEs such as “DNA Crabs” and “Nafri Fashion” which are the partners of this service is proof of the great business potential in Blacanan Village. The potential possessed by “DNA Crabs” and “Nafri Fashion” in Blacanan Village can be developed further so that these Micro, Small and Medium Enterprises can reach a wider market. The purpose of this Community Service is to create a creative village through digital promotion innovation and the role of language. The methods used and the stages carried out include using surveys and field observations, in-depth partner interviews with several questions as an intermediary medium to extract information from partners, and conducting literature studies through several previous journals. The results of this community service produce outputs in the form of journal articles and language service websites.  This community service activity requires follow-up as an answer to the development of digital-based MSMEs, especially in Blacanan Village.

Keywords: UMKM, Digital Promotion, DNA Crabs, Nafri Fashion, and Blacanan

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Djunaedi, Ali. (2016). pertumbuhan dan presentase molting pada kepiting )scylle serrta forsskal, 1775) dengan pemberian stimulasi molting berbeda. jurnal kelautan tropis, 19(1), 29-36. https://doi.org/10.14710/jkt.v19i1.579
  2. Eko, Sulkhani Y., Dkk. (2021). Rancang Bangun Dan Uji Hidrostatis Bubu Multifunnel Untuk Penangkapan Ikan Karang. JIAT: Journal Of Innovation And Applied Technology, 7(1), 1138-1144. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.007.01.3
  3. Djunaedi, Ali. (2016). Pertumbuhan dan Prosentase Molting pada Kepiting Bakau (Scylla serrata forsskal, 1775) dengan Pemberian Stimulasi Molting Berbeda. Jurnal Kleauta Tropis, 19(1), 29-36. https://doi.org/10.14710/jkt.v19i1.597
  4. Falah, F., & Marwini, M. (2022). Pemanfaatan Bahasa Dan Digital Marketing Bagi Ukm Di Desa Blacanan, Kabupaten Pekalongan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66 70. https://doi.org/10.14710/hm.6.1.66-70
  5. Falah, Fajrul., dkk. (2024). Pengembangan Umkm Konveksi Alvaro Production Melalui Branding Dan Teknologi Digital Di Desa Rembun Pekalongan. Harmon: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 22-28. https://doi.org/10.14710/hm.8.1.21-28. Diunduh Selasa 9 Oktober 2024
  6. Falah, Fajrul., dkk. 2023. Penerapan Bahasa Dan Branding Umkm Produk Kantong Celana ‘Hasbuna’ Desa Rembun Pekalongan, Harmoni, 7(2). https://doi.org/10.14710/hm.7.2.95-100
  7. Hastuti, Yuni Puji., Dkk. (2016). Penentuan Ph Optimum Untuk Pertumbuhan Kepiting Bakau Scylla Serrata Dalam Wadah Terkontrol. Jurnal Akuakultur Indonesia, 15 (2), 171–179. https://doi.org/10.19027/jai.15.2.171-179
  8. Lathifah, Af’idatul., Riris, Tiani. (2021). Diversivikasi UMKM Masa Pandemi Bagi Masyarakat Desa Wisata Teras Gunung Kabupaten Ungaran. Harmoni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1-5. https://doi.org/10.14710/hm.5.2.1-5
  9. Sunarto. dkk. (2015). hungan jenis kepiting bakau (scylla spp.) dengan mangrove dan substrat di tambak silvofishery eretan, indramyu. jurnal marine fisheries, 6(1), 59-68. https://doi.org/10.29244/jmf.6.1.59-68
  10. Tiani, Riris. (2021). pelatihan promosi digital bagi masyarakat desa wisata teras gunung kabupaten ungaran. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.14710/hm.5.2.107-111

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-21 00:08:06

No citation recorded.