skip to main content

OPTIMALISASI SERTIFIKASI INDIKASI GEOGRAFIS SEBAGAI PENGUATAN IDENTITAS KOPI ROBUSTA KENDAL

Ardy Wibowo  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, , Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, , Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
*Tita Alfaricha orcid  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, , Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia
Hega Bintang Pratama  -  Department of Agricultural Science, Universitas Diponegoro, , Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275|Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kopi merupakan komoditas unggulan yang memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian masyarakat Indonesia. Namun, posisi gepgrafis Desa Gedong, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temagging menyebabkan kopi robusta Kendal cenderung dipasarkan ke wilayah Temanggung. Hal ini menyebabkan hilangnya identitas asal dan belum adanya pasar sendiri di daerah Kendal. Kopi Kendal yang belum dikenal secara luas dan belum memiliki Legalitas Indikasi  Geografis (IG) menjadi Kendala identitas dan jaminan mutu menjadi permasalahan tersendiri bagi Desa Gedong. Program pengabdian ini menawarkan solusi melalui penyusunan modul pemetaan geografis sebagai pengajuan sertifikasi. Metode pelaksanaan meliputi kegiatan KKN, pendampingan pembentukan masyarakat perlindungan indikasi geografis (MPIG), focus group discussion (FGD) serta dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan terbentuknya MPIG Kopi Robusta Kendal sebagai kelembagaan resmi, tersusunnya modul persyaratan IG yang memuat peta batas wilayah, deskripsi karakteristik kopi, standar mutu dan identitas produk. Program pengabdian ini menguatkan identitas kopi robusta Kendal melalui sertifikasi IG berpotensi meningkatkan daya saing, memperluas akses pasar, serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi petani dan pelaku usaha lokal.
Fulltext View|Download
Funding: Universitas Diponegoro under contract MetMu123456

Article Metrics:

  1. H. W. Utami and H. Bayu, “Kontribusi Komoditas Kopi dalam Meningkatkan Perekonomian di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.,” OECONOMICUS Journal of Economics, vol. 7, no. 1, pp. 60–74, 2022
  2. M. Ibnu and N. Rosanti, “Tren Produksi Dan Perdagangan Negara-Negara Produsen Kopi Terbesar Di Dunia Dan Implikasinya Bagi Indonesia,” Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, vol. 16, no. 2, Dec. 2022, doi: 10.55981/bilp.2022.5
  3. R. J. H. Raharjo and Z. A. Alifianto, “Potensi Ekspor Komoditas Kopi Indonesia Ke Malaysia Dan Singapura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 3, pp. 2959–2965, 2023
  4. R. N. F. Rohman and V. P. Sari, “Gastrodiplomasi Kopi Indonesia melalui Specialty Coffee Association of American Expo 2021,” Padjadjaran Journal of International Relations, vol. 6, no. 1, pp. 29–46, 2024, doi: 10.24198/padjirv6i1.43129
  5. N. , I. F. Rochmah and Q. F. Sugianto, “Perlindungan Indikasi Geografis terhadap Kopi Gayo: Studi Kasus di Tanah Gayo, Aceh dalam Perspektif UU No. 20 Tahun 2016,” Jurnal Hukum Nusantara, vol. 1, no. 3, pp. 343–351, 2025
  6. F. Fuad et al., “Perlindungan Indikasi Geografis Aset Nasional Pada Kasus Kopi Toraja,” 2017. [Online]. Available: http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4fd1b
  7. F. Adyatma, M. Risang, A. Palar, and L. Rafianti, “Media Hukum Indonesia (MHI) Pelindungan Hukum dan Upaya Optimalisasi Potensi Ekonomi Indikasi,” Media Hukum Indonesia, vol. 2, no. 5, pp. 2442–7667, 2025, doi: 10.5281/zenodo.14950634
  8. I. K. Ardana, “Kinerja Kelembagaan Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Kintamani I Ketut Ardana,” Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian, vol. 2, no. 1, pp. 205–290, 2017
  9. Y. Yulianto, T. Safari, and R. J. Nurcahyo, “Potensi Agrowisata Kopi Sebagai Daya Tarik Wisata Ekonomi Kreatif Desa Kalibogor Kendal,” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 14, no. 2, pp. 151–160, Oct. 2023, doi: 10.31294/khi.v14i2.17093
  10. W. Hanggoro, S. Subiyanto, and A. Suprayogi, “Peta Sebaran Wisata Kabupaten Kendal Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kabupaten Kendal),” 2017
  11. P. Pardono, D. R. A. Muhammad, I. Khomah, H. Ihsaniyati, and N. Setyowati, “Peningkatan Brand Image Kopi Robusta Temanggung Berbasis Indikasi Geografis.,” Warta LPM, pp. 101–111, 2022
  12. S. Aviva and N. F. Mediawati, “Exploring the Validity of International Geographical Indications for Indonesian Products,” Indonesian Journal of Law and Economics Review, vol. 19, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.21070/ijler.v19i3.1206
  13. A. Niravita, W. Waspiah, D. Latifiani, Y. D. Novita, M. A. H. , N. A. S. Fikri, and H. Nugroho, “Peningkataan Kapasitas dan Daya Saing UMKM Kopi Di Kabupaten Temanggung Melalui Legalitas Usaha,” . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 5, no. 4, pp. 4653–4664, 2024
  14. S. A. Aziz, R. Jayanthi, and A. Dinaseviani, “Pengembangan Usaha dari Sumber Daya Lokal Sektor Pertanian: Kasus Pada Produk Kopi Tersertifikasi Indikasi Geografis (IG),” Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, vol. 5, pp. 164–170, Aug. 2023, doi: 10.30595/pspfs.v5i.718
  15. H. Ihsaniyati, N. Setyowati, and A. Pitara Wijaya, “Edukasi Adopsi Standar Mutu Berbasis Indikasi Geografis pada Petani Kopi di Kabupaten Temanggung,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 11, no. 1, pp. 59–65, 2020, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
  16. M. M. Pratama, I. N. Riska, D. Lulita, and R. Amelia, “Optimalisasi Strategi Pemasaran Produk Kopi di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember.,” Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, vol. 1, no. 3, pp. 217–222, 2025
  17. R. P. Steviani, K. Kunci, S. Pemasaran, P. Konsumen, K. Kulo, and K. Fenomenologi, “Strategi Pemasaran dan Persepsi Konsumen terhadap Produk Kopi Kulo ARTICLE INFO ABSTRACT,” Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, vol. 1, no. 4, pp. 1919–1923, 2024, [Online]. Available: https://jurnalamanah.com/index.php/cakrawala/index

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-12-11 20:11:11

No citation recorded.