Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA43667, author = {Heri Santoso and Arqom Kuswanjono and Dela Ainia and Kusuma Putri}, title = {PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA MELALUI AJARAN FILOSOFI SULTAN HASANUDDIN DAN KAPITAN PATTIMURA}, journal = {HUMANIKA}, volume = {29}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {Nilai-Nilai filosofi; Sultan Hasanuddin; Kapitan Pattimura; Pendidikan Tinggi}, abstract = { Penelitian ini ditujukan untuk (1) menginventarisasi, mensistematisasi, dan mengeksplisitasi nilai-nilai filosofi yang terdapat dalam kisah perjuangan Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura (2) mengevaluasi secara kritis dan menyusun konsep relevansi ajaran filosofi kedua tokoh terhadap pengembangan pendidikan tinggi di indonesia.Penelitian ini merupakan model penelitian filsafat komparatif historis faktual tokoh dengan menggunakan data utama berupa kajian pustaka dan didukung oleh data lapangan yang diperoleh dari wawancara maupun Focus Group Discussion dengan para pakar. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan seluruh dokumen dan arsip terkait tokoh yang dianalisis guna menemukan pemikiran filosofisnya, baik yang tersurat maupun tersirat. Data lapangan digunakan untuk melengkapi data kepustakaan sehingga mendapati kompleksitas dari kajian pemikiran tokoh tersebut. Analisis yang digunakan yakni analisis filosofis yang diawali dengan deskripsi, kesinambungan historis, intepretasi dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama , nilai-nilai filosofi dari Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura dapat ditemukan melalui kisah perjuangan hidup dalam melawan penjajah Belanda. Kedua, Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura mengajarkan mengenai sikap pantang menyerah, teguh dalam pendirian, kejujuran, setia terhadap bangsa serta keihlasan dalam berjuang. Ketiga , ajaran filosofi dari Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura dapat menjadi dasar dalam mengembangan Pendidikan Tinggi di Indonesia dengan dilandasi sikap-sikap yang telah diajarkan sehingga dapat mencetak generasi penerus masa depan yang unggul dan berkarakter. }, issn = {2502-5783}, pages = {60--69} doi = {10.14710/humanika.v29i1.43667}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/43667} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini ditujukan untuk (1) menginventarisasi, mensistematisasi, dan mengeksplisitasi nilai-nilai filosofi yang terdapat dalam kisah perjuangan Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura (2) mengevaluasi secara kritis dan menyusun konsep relevansi ajaran filosofi kedua tokoh terhadap pengembangan pendidikan tinggi di indonesia.Penelitian ini merupakan model penelitian filsafat komparatif historis faktual tokoh dengan menggunakan data utama berupa kajian pustaka dan didukung oleh data lapangan yang diperoleh dari wawancara maupun Focus Group Discussion dengan para pakar. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan seluruh dokumen dan arsip terkait tokoh yang dianalisis guna menemukan pemikiran filosofisnya, baik yang tersurat maupun tersirat. Data lapangan digunakan untuk melengkapi data kepustakaan sehingga mendapati kompleksitas dari kajian pemikiran tokoh tersebut. Analisis yang digunakan yakni analisis filosofis yang diawali dengan deskripsi, kesinambungan historis, intepretasi dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, nilai-nilai filosofi dari Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura dapat ditemukan melalui kisah perjuangan hidup dalam melawan penjajah Belanda. Kedua, Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura mengajarkan mengenai sikap pantang menyerah, teguh dalam pendirian, kejujuran, setia terhadap bangsa serta keihlasan dalam berjuang. Ketiga, ajaran filosofi dari Sultan Hasanuddin dan Kapitan Pattimura dapat menjadi dasar dalam mengembangan Pendidikan Tinggi di Indonesia dengan dilandasi sikap-sikap yang telah diajarkan sehingga dapat mencetak generasi penerus masa depan yang unggul dan berkarakter.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-15 08:28:02
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the author(s).
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com