skip to main content

Formulasi Profil Karakter Lulusan Universitas Diponegoro di Era Revolusi Industri 4.0

Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Received: 6 Dec 2022; Revised: 30 Jan 2023; Accepted: 31 Jan 2023; Available online: 31 Jan 2023; Published: 31 Jan 2023.
Open Access Copyright (c) 2022 HUMANIKA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan memetakan profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang dibutuhkan di era industry 4.0. Data diperoleh melalui survei jajak pendapat mahasiswa tentang penilaian seberapa penting nilai-nilai karakter kejuangan Pangeran Diponegoro dan nilai-nilai kompetensi COMPLETE sebagai unsur nilai pembentuk karakter lulusan. dan apakah masih dibutuhkan nilai-nilai karakter baru selain kedua nilai karakter tersebut bagi lulusan Universitas Diponegoro di era tantangan revolusi industri 4.0 sekarang ini. Objek sasaran survei ini yaitu mahasiswa angkatan 2018, 2019, 2020, 2021. Hasil survei menunjukkan, mayoritas responden menilai semua nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro dan nilai-nilai kompetensi dalam jargon COMPLETE sangat penting bagi lulusan di era industry 4.0. Nilai karakter yang diunggulkan masing-masing peduli (80,6), dan professionalisme (81,2). Namun sebagian besar responden (89,8) berpendapat perlu tambahan nilai-nilai karakter baru lainnya, yaitu; beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif dan kolaboratif. Nilai karakter yang diunggulkan yaitu beretika. Ditemukan fakta di tiap fakultas terdapat kecenderungan pilihan nilai karakter yang diunggulkan oleh masing-masing. Fakta tersebut menunjukan, dalam pembentukan karakter lulusan dilandasi nilai-nilai dasar yang bersifat konvensional universal, dan nilai-nilai praksis yang bersifat khusus berlaku dilingkunganya.  Tendensi penilaian pada tahun angkatan mahasiswa responden tidak ditemukan besaran distribusi persentase yang signifikan. Hasil survei tersebut mengarahkan pada kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa Undip menghendaki profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang diperlukan di era industri 4.0 yaitu memiliki nilai kejuangan: peduli, jujur, adil, berani, dan nilai kompentensi sebagai thinker, communicator, leader, educator, entrepreneur, serta beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif, kolaboratif. Nilai karakter lulusan yang diunggulkan, peduli, professional dan beretika.

Fulltext View|Download
Keywords: Tantangan Revolusi Industri 4.0; karakter lulusan Undip,;profiling nilai-nilai pembentuk karakter.

Article Metrics:

  1. Andayani, A. M. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja
  2. Rosdakarya
  3. Ali, Z. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam
  5. Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata
  6. Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia
  7. Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama
  8. Febriani, N. A. (2014). Ekologi Berawawasan Gender dalam Perspektif Al-Quran. Bandung: Mizan
  9. Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik
  10. di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
  11. Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa
  12. Surakarta: Yuma Pustaka
  13. Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta:
  14. Bumi Aksara
  15. Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara
  16. Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Jogyakarta: Graha Ilmu
  17. Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research
  18. Iriyanto Widisuseno, (2019). Merajut dan Meneguhkan Jati Diri Bangsa, IPB. Press,
  19. Bogor
  20. Klaus Schwab, (2016). The Fourth Industrial Revolution,
  21. https://www.weforum.org/about/the-fourth-industrial-revolution-by-klaus-schwab
  22. Ramayulis, (2012). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia Group,
  23. Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter, Jakarta : Kencana Prenada Media
  24. Group

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-03 22:33:23

No citation recorded.