1Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, Indonesia
2Program Doktor (S3) Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA60563, author = {Suharyo Suharyo and Subyantoro Subyantoro and Rahayu Pristiwati}, title = {Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045}, journal = {HUMANIKA}, volume = {30}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {kecerdasan buatan; Kurikulum Merdeka; pendidikan; Indonesia Emas 2045}, abstract = { Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin pesat memengaruhi kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan. Pemahaman mengenai pengaruh serta langkah-langkah yang tepat untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam kurikulum merupakan sebuah urgensi yang penting untuk diperhatikan dalam rangka mempersiapkan peserta didik menuju Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kecerdasan buatan terhadap kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan, mendeskripsikan tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam proses pembelajaran, dan menjelaskan langkah strategis pemanfaatan kecerdasan buatan untuk mempersiapkan kompetensi siswa menuju Indonesia Emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kecerdasan buatan di dalam kurikulum dapat menunjang proses pembelajaran dan pengajaran serta mencapai hasil yang maksimal dengan penggunaan sumber daya yang minimal. Integrasi tersebut turut mendorong kesuksesan Kurikulum Merdeka dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Keterbatasan teknis, keterbatasan keahlian guru, dan tantangan moral merupakan tantangan implementasi kecerdasan buatan dalam Kurikulum Merdeka. Langkah yang dapat diambil meliputi pemanfaatan platform pembelajaran berbasis kecerdasan buatan, pelatihan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan, dan penerapan pedoman etika. }, issn = {2502-5783}, pages = {208--217} doi = {10.14710/humanika.v30i2.60563}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/60563} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin pesat memengaruhi kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan. Pemahaman mengenai pengaruh serta langkah-langkah yang tepat untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam kurikulum merupakan sebuah urgensi yang penting untuk diperhatikan dalam rangka mempersiapkan peserta didik menuju Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kecerdasan buatan terhadap kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan, mendeskripsikan tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam proses pembelajaran, dan menjelaskan langkah strategis pemanfaatan kecerdasan buatan untuk mempersiapkan kompetensi siswa menuju Indonesia Emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kecerdasan buatan di dalam kurikulum dapat menunjang proses pembelajaran dan pengajaran serta mencapai hasil yang maksimal dengan penggunaan sumber daya yang minimal. Integrasi tersebut turut mendorong kesuksesan Kurikulum Merdeka dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Keterbatasan teknis, keterbatasan keahlian guru, dan tantangan moral merupakan tantangan implementasi kecerdasan buatan dalam Kurikulum Merdeka. Langkah yang dapat diambil meliputi pemanfaatan platform pembelajaran berbasis kecerdasan buatan, pelatihan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan, dan penerapan pedoman etika.
Article Metrics:
Last update:
Manajemen dan Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Pusat Keunggulan
Last update: 2024-11-22 03:01:45
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the author(s).
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com