skip to main content

Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045

1Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, Indonesia

2Program Doktor (S3) Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Indonesia

Received: 13 Dec 2023; Revised: 5 Jan 2024; Accepted: 9 Jan 2024; Published: 10 Jan 2024.
Open Access Copyright (c) 2023 HUMANIKA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan yang semakin pesat memengaruhi kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan. Pemahaman mengenai pengaruh serta langkah-langkah yang tepat untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam kurikulum merupakan sebuah urgensi yang penting untuk diperhatikan dalam rangka mempersiapkan peserta didik menuju Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kecerdasan buatan terhadap kurikulum dan metode pengajaran di lembaga pendidikan, mendeskripsikan tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam proses pembelajaran, dan menjelaskan langkah strategis pemanfaatan kecerdasan buatan untuk mempersiapkan kompetensi siswa menuju Indonesia Emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kecerdasan buatan di dalam kurikulum dapat menunjang proses pembelajaran dan pengajaran serta mencapai hasil yang maksimal dengan penggunaan sumber daya yang minimal. Integrasi tersebut turut mendorong kesuksesan Kurikulum Merdeka dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Keterbatasan teknis, keterbatasan keahlian guru, dan tantangan moral merupakan tantangan implementasi kecerdasan buatan dalam Kurikulum Merdeka. Langkah yang dapat diambil meliputi pemanfaatan platform pembelajaran berbasis kecerdasan buatan, pelatihan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan, dan penerapan pedoman etika.

 

 

 
Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan buatan; Kurikulum Merdeka; pendidikan; Indonesia Emas 2045

Article Metrics:

  1. Ali, M., Sudaryono, Soeharto, dkk. (2020). Arah Kompetensi Generasi Indonesia Menuju 2045. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
  2. Astini, N. K. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164-180. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
  3. Bigdata BPS. (2023). Bonus Demografi dan Visi Indonesia Emas 2045. Diakses pada 10 Desember 2023 melalui https://bigdata.bps.go.id/documents/datain/2023 _01_2_Bonus_Demografi_dan_ Visi_Indonesia%20Emas_2045.pdf
  4. Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
  5. Darman, Regina A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3(2): 73-87. DOI: https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
  6. Kamila, J. T. ., Nurnazhiifa, K., Sati, L. ., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan Guru dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013–10018. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4008
  7. Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 253–258. https://doi.org/ 10.32832/educate.v8i02.14843
  8. Kim, S., Jang, Y., Kim, W., Choi, S., Jung, H., Kim, S., & Kim, H. (2021). Why and What to Teach: AI Curriculum for Elementary School. Proceedings of the AAAI Conference on Artificial Intelligence, 35(17), 15569-15576. https://doi.org/10.1609/aaai.v35i17.17833
  9. Lu, Xiaoxia. (2019). An Empirical Study On The Artificial Intelligence Writing Evaluation System In China CET. Big Data, 7(2), 121–129. DOI: 10.1089/big.2018.0151
  10. Liriwati, Yustiasari. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/IHSAN.V1I2.61
  11. Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, . I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 110–124. DOI: https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
  12. Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (EEducation). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 104–113. DOI: https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i1.29
  13. Nikiforos, S., Tzanavaris, S., & Kermanidis, K. L. (2020). Virtual Learning Communities (Vlcs) Rethinking: Influence On Behavior Modification—Bullying Detection Through Machine Learning And Natural Language Processing. Journal Of Computers In Education, 7, 531–551. DOI: https://doi.org/10.1007/s40692-020-00166-5
  14. Nurdin, I., dan Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Jatinangor: Media Sahabat Cendekia
  15. Pabubung, Michael R. (2021). Human Dignity Menurut Yohanes Paulus II dan Relevansi terhadap Kecerdasan Buatan (AI). Jurnal Teologi, 10(1): 49-70
  16. _____. 2021. Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2): 152-159
  17. Safar, Mira P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Lembaga Pendidikan Islam Praksis Sekolah Alam School of Universe (SoU) Parung Bogor. Disertasi. Purwokerto: UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  18. Shiddiq, A. B. (2020). The Application Of « NEMO » Artificial Intelegence in Arabic Language Learning In The 4.0 Revolution Era At Al- Khalifah Islamic Boarding School Cibubur. Ijlecr - International Journal Of Language Education And Culture Review, 6(1), 58–61. https://doi.org/10.21009/IJLECR.061.07
  19. Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. DOI https://doi.org/10.47467/ reslaj.v4i1.458
  20. Subowo, Edy., Dhiyaulhaq, Naufal., & Wahyu, Ika. (2022). Pelatihan Artificial Intellegence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3): 247–254. DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296
  21. Sukma, Y. A. A., Kusumawardani, Q. D., & Wijaya, F. P. (2020). The Influence of Satisfaction Using Learning Management System on the Competencies of Digital Talent Scholarship Thematic Academy Participants. Proceedings of the 2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE 2020), 247–252. DOI: 10.2991/assehr.k.201209.228
  22. Syadzili, M.F.R., Hariadi, dkk. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka
  23. Taseman dan Dahlan, A.M. (2018). Tantangan Pendidikan dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. Journal of Islamic Elementary School (JIES), 3(2): 39-43. DOI: https://doi.org/10.15642/jies.v3i2.1347
  24. Yahya, Muhammad., Hidayat., & Wahyudi. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-62: 190-199, Makasar, 31 Juli 2023: Universal Negeri Makasar
  25. Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
  26. Zaini, D. H. H. 2016. “Islamic Institution Contribution in Building Indonesian Golden Generation”. Proceeding International Seminar Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-16 03:01:20

No citation recorded.