skip to main content

Amplitude Variations of Tidal Harmonic Constituents in Bitung Station (Variasi Amplitudo Konstituen Harmonik Pasang Surut Utama di Stasiun Bitung)

1Program Studi Ilmu Kelautan, FPIK - Universitas Khairun, Indonesia

2Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK – Institut Pertanian Bogor

Published: 2 Jun 2015.

Citation Format:
Abstract

Perhitungan konstituen harmonik pasang surut masih menggunakan metode konvensional, pengembangan metode dominan pada sistem komputasinya dan menggunakan sistem penanggalan Masehi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah amplitudo konstituen harmonik yang dihitung dari pengelompokan data berdasarkan penanggalan Hijriah memberikan karakter yang relatif sama (stabil) dibulan yang sama dibandingkan dengan penanggalan Masehi. Perbandingan tersebut dilakukan pada 10 konstituen harmonik utama pasang surut, guna membandingkan perhitungan tunggang air dari nilai konstituen dan dari Metode Suku Sama (MSS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai deviasi amplitudo sangat kecil dari masing-masing konstituen harmonik pada perhitungan berdasarkan sistem kalender Hijriah, dimana amplitudo pada bulan Sya’ban relatif stabil dan lebih tinggi dibandingkan pada bulan lainnya. Nilai koefisien determinan (R2) untuk data awal pasang surut pada fase bulan baru (BB) dan bulan purnama (BP) lebih tinggi dibandingkan data awal pada fase bulan lainnya. ANOVAmenghasilkan konstituen K1dan S2terpengaruh jika data dimulai saat fase bulan kuartil I (KW1) dan purnama (BP), sedangkan saat fase awal kuartil 2 (KW2) terjadi pada konstituen P1 dan K2, MS4 dan M4. Dengan demikian, perhitungan amplitudo konstituen harmonik lebih optimum jika data dimulai saat fase bulan baru atau mengikuti penanggalan Hijriah.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

  1. The simulation of the observation data in predicting tidal patterns using the Admiralty method in Dumai’s harbour

    Andy Hendri, Manyuk Fauzi, Rosmiati Ahmad, Andarsin Ongko, Fajri Almanna, M. Olivia, A. Marto, K. Yamamoto, D. Wishart, E. Saputra, I.D. Ketut Sudarsana, I.M. Agus Ariawan, M. Infantri Yekti, R. Ridwan, G. Wibisono, G. Pringgana, D. Andrio. MATEC Web of Conferences, 276 , 2019. doi: 10.1051/matecconf/201927604020

Last update: 2024-04-18 07:06:51

No citation recorded.