Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmu Lingkungan menerima artikel dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dengan meliputi beberapa topik kajian lingkungan diantaranya Manajemen Lingkungan, Ekologi Lingkungan, Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Pembangunan dan Lingkungan, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Perencanaan dan Administrasi Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Rekayasa Lingkungan dan Pencemaran Lingkungan, dan Sistem Informasi Lingkungan.

 

Section Policies

Research Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Daftar Isi Jurnal

Checked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah  yang diajukan pada dasarnya akan dinilai oleh penilai (reviewer) yang ditetapkan oleh Dewan Redaksi (editorial board). 

Naskah yang masuk akan direview pertama kali oleh Editor in Chief untuk kelayakan bahasa serta kesesuaian dengan scope jurnal dan tata cara penulisan menurut author gudilines. Jika menurut editor nasakah layak untuk direview oleh tim reviewer yang terdiri dari 2 orang, maka naskah akan dikirim ke reviewer, namun jika naskah tidak ada kesesuaian dengan kriteria awal, maka naskah akan dikembalikan ke penulis.

Tim review dengan jumlah 2 orang akan melakukan review dengan metode Blind review process dimana reviewer tidak akan mengetahui nama penulis dalam naskah. Kriteria penilaian meliputi orisinalitas, signifikansi dan tata tulis.  Dewan Redaksi berwenang untuk menerima atau menolak naskah yang diajukan, maupun meminta penulis me

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.