ANALISIS PENERAPAN STRATEGI KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BIRO TEKNIK LISTRIK (Studi Empiris pada Hubungan PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY Area Pelayanan dan Jaringan Semarang dengan Perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL) Di Wilayah Kerja APJ Semarang)

*Ensu Asmara Purba  -  Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 110 78
Abstract

Masalah yang ada adalah terjadinya penurunan kinerja perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL) sehingga menyebabkan BTL yang menjadi mitra c1an beroperasi di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Semarang, mengalami penurunan jumlah. Perumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana modal sosial, tingkat fleksibilitas, tingkat ketergantungan sumberdaya mempengaruhi kualitas strategi kemitraan dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL).

Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang berjumlah 160 responden Biro Teknik Listrik yang menjadi mitra dan beroperasi di wilayah kerja PT. PLN (PerseroJ Area Pelayanan dan Jaringan Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS v.16.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaiaan/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah modal sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas strategi kemitraan, tingkat fleksibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas strategi kemitraan, tingkat keterqantunqan sumberdaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas strategi kemitraan, dan kualitas strategi kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan BTL. Penelitian ini juga memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.

 

Keywords: modal sosial, tingkat fleksibilitas, tingkat ketergantungan sumberdaya, kualitas strategi kemitraan, kinerja perusahaan Biro Teknik Listrik (BTL)

Article Metrics: