skip to main content

ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI FAKTOR KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empirik di Bank X Cabang Semarang)

*Dewi Febrianti  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Studi dalam penelitian ini mengenai pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate citizenship (CC) terhadap implementasi corporate social responsibility (CSR) dan keunggulan bersaing di Bank X Cabang Semarang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keunggulan bersaing di Bank X Semarang dengan berdasarkan data bahwa terjadi penurunan jumlah nasabah tiap tahun dan jenis produk yang telah ditiru oleh perbankan lain yang berbanding terbalik dengan keaktifan Bank X dalam melakukan aktivitas yang berbasis pada CSR.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis structural equation modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 18. Sumber data terbagi atas sumber data primer dan data sekunder dengan populasi penelitian adalah nasabah korporasi yang sudah menjadi anggota selama 3 tahun dengan jumlah 118 responden. Terdapat 5 hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini yang masing-masing menguji pengaruh implemetasi CSR terhadap keunggulan bersaing, pengaruh GCG terhadap implementasi CSR, pengaruh GCG terhadap keunggulan bersaing, pengaruh CC terhadap implementasi CSR dan pengaruh CC terhadap keunggulan bersaing.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa GCG merupakan hal yang paling berpengaruh dalam menentukan keunggulan bersaing karena mempunyai loading factor lebih tinggi (0,37) dibandingkan dengan CC dan CSR (0,20). Variabel CC lebih mempengaruhi implementasi CSR jika dibanding dengan GCG, ditunjukkan dengan loading factor-nya yang lebih tinggi

yaitu 0,16 berbanding 0,13. Model pada penelitian ini telah diuji dengan kreteria goodness of

fit dengan mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini memiliki 5 hipotesis dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai dari regression weight yaitu CR lebih dari 1,96 dan probability kurang dari 0,05. Dari kriteria nilai tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa semua hipotesis pada penelitian ini diterima dan dapat dibuktikan.

Fulltext View|Download
Keywords: tanggung jawab sosial, keunggulan bersaing, kompetisi, tata kelola perusahaan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 02:36:24

No citation recorded.