skip to main content

MEMBANGUN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM MANUFAKTUR (STUDI EMPIRIK PADA INDUSTRI LOGAM DI KECAMATAN CAPER, KABUPATEN KLATEN)

*Nitya Pinasthika Valeria  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas inovasi terhadap keunggulan bersang untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah industri logam skala kecil dan menengah di

Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten yang berjumlah 295 industri. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan

jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju ) sampai dengan 7 ( sangat setuju ). Alat analisis data

yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu chi-square= 120,619 ; probabilitas= 0,914 ; GFI= 0,910 ; AGFI= 0,880; CMIN/ DF= 0,843 ; dan RMSEA= 0,00. Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hal ini berarti orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas

inovasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi kewirausahaan,kreativitas inovasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Selanjutnya  keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada industri logam skala kecil dan menengah di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui     orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas inovasi, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Selain keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan dan kreativitas inovasi dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan   penelitian   serta   agenda   penelitian   mendatang   yang   bisa   dilakukan   pada penelitian lanjutan.

Fulltext View|Download
Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Adaptabilitas Lingkungan, Kreativitas Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 15:59:32

No citation recorded.