skip to main content

ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN STRATEJIK, DAN KARAKTERISTIK UMKM TERHADAP STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM NASABAH PT. BANK BRI, Tbk KANCA PURWODADI

*I Wayan Supartha  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2017 JURNAL BISNIS STRATEGI

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruhkepemimpinan stratejik dan karakteristik UMKM terhadap strategi bisnis UMKM dalam meningkatkan  kinerja UMKM.

Sampel penelitian ini adalah UMKM yang menjadi nasabah PT. BRI (persero) Tbk. Cabang Purwodadi, sejumlah 150 responden. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan stratejik dan karakteristik UMKM berpengaruh positif terhadap strategi bisnis UMKM dalam meningkatkan kinerja UMKM.

Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa kepemimpinan stratejik berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis UMKM dengan nilai regressi sebesar 0,24; karakteristik UMKM berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis UMKM dengan nilai regressi sebesar 0,25; dan strategi bisnis UMKM berpengaruh signifikan terhadap kinerja  UMKM dengan nilai regressi sebesar 0,30.

Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam pemberian kredit kepada UMKM di masa yang akan datang, yaitu dengan memperhatikan faktor kepemimpinan strategik dan karakter UMKM dalam mengembangkan strategi bisnisnya.

Fulltext View|Download
Keywords: Kepemimpinan stratejik, karakteristik UMKM, strategi bisnis UMKM, dan kinerja UMKM

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-24 11:18:43

No citation recorded.