skip to main content

PORTOFOLIO TURNOVER DAN NET ASSET DENGAN RETURN PASAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING, EXPENSE RATIO, CASH DAN SUBSCRIPTION FEE TERHADAP KINERJA REKSADANA PERIODE TAHUN 2009 - 2012

*Tuti Suharti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini (adalah untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi kinerja reksa dana. Reksa Dana adalah kendaraan dan pengelolaan dana pola atau modal hukum untuk sekelompok investor untuk berinvestasi di pasar instrumen investasi yang tersedia dengan membeli satuan investasi dalam reksa dana. Dana ini kemudian ditelola oleh manajer investasi dalam investasi penyedia portfolio. Mutual Fund beberapa keuntungan dalam seperti: murah, liquid, mudah, berhasil secara profesional, sehingga diharapkan dapat memberikan return maksimal dengan risiko yang disesuaikan bagi investor. Seperti produk konsumen, reksa dana tidak bebas, dan terkait kinerja dampak biaya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran portofolio dan aktiva bersih yang dimoderatori oleh pasar kembali dan pengaruh rasio beban, kas dan biaya berlangganan terhadap kinerja reksa dana. Analisis teknis diterapkan untuk penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis untuk mendapatkan hasil yang komprehensif dari hubungan antara satu variabel terhadap variabel lain. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 92 reksa dana yang terdaftar di Bapepam/OJK dan jumlah sampel yang diperiksa setelah melewati purposive sampling dan penyaringan tahap data 33 reksa dana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel aktiva bersih yang dimoderatori oleh biaya pasar kembali, kas dan langganan memiliki pengaruh signifikan, sedangkan omset portofolio yang dimoderatori oleh pasar kembali dan rasio beban tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja reksa dana. Secara umum, investor tidak harus memilih dana dengan biaya dan beban tetapi mereka tidak harus mengharapkan bahwa penghindaran untuk biaya dan biaya ini akan bertepatan dengan risiko disesuaikan kinerja yang unggul.

Fulltext View|Download
Keywords: reksa dana; biaya
Funding: Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 22:27:51

No citation recorded.