skip to main content

INOVASI DAN ASET STRATEJIK DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN: MODEL EMPlRIK TERINTEGRASI BERJENJANG PADA INDUSTRI FARMASI DI INDONESIA.

*Syuhada Sufian  -  Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian empirik yang berkaitan dengan inovasi dan aset stratejik, masih relative Jarang dilakukan di Negara berkembang. Penelitian inf bertujuan untuk membangun model peningkatan kualitas aset stratejik dan inovasi secara terintegrasi berjenjang dalam peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian menggunakan model two step approach sequential equation modelling dengan responden manager papan atas sebanyak 121 perusahaan farmasi di lndonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kinerja perusahaan diperoleh terutama dari pengembangan kualitas aset stretejik yang didukung oleh pengembangan strategi inovasi. Pengembangan aset stratejik dilakukan dengan peningkatan proses pembelajaran organisasional internal dan proses pembelajaran eksternal. Proses pembelajaran organisasional eksternal dipengaruhi oleh kualitas aliansi stratejik yang didukung oleh budaya orientasi pasar. Proses pembelajaran organisasional eksternal ini belum banyak berperan dalam peningkatan inovasi yang berpengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan.
Fulltext View|Download
Keywords: Aset stratejik, aliansi stratejik, inovasi, pembelajaran organisasional, budaya orientasi pasar, two step approach sequential equation modelling

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 10:05:41

No citation recorded.