skip to main content

Pengaruh lnformasi Laporan Keuangan Yang Dipublikasikan Terhadap Fluktuasi Harga Saham (Studi kasus terhadap 23 Perusahaan yang Go Public)

*Chalimah Chalimah  -  MM Undip Semarang

Citation Format:
Abstract

Penerbitan Laporan keuangan tahunan perusahaan  nampaknya memiliki pengaruh yang  kecil  terhadap fluktuasi  harga  saham sebagai  reaksi pasar yang berujud   revisi atau penyesuaian   harga di Pasar.   Penjelasan obyektif  mengenai    keadaan  ini adalah bahwa pemodal    lokal  masih merupakan investor jangka pendek yang kurang memperhatikan   masalah-masalah fundamental  (Kondisi  Internal   perusahaan).
Beberapa  ahli  Ekonomi  dan peneliti keuangan   banyak  yang   berminat dan memiliki perhatian terhadap hubungan antara harga saham dan volume perdagangan sebagai hasil kerjasama mekanisme pasar, dan pengaruh informasi baru terhadap volume dan harga. Penelitian ini    mengarahkan perhatian kepada Pengaruh informasi laporan keuangan yang dipublikasikan terhadap fluktuasi  harga  saham pada Pasar Modal Indonesia. Tujuan penelition ini adalah  menjawab berbagai  pertanyaan  berikut  ini: (1). Apakah  ada  perbedaan  harga saham  di Bursa Efek Jakarta   antara sebelum   dan sesudah pemberitaan laporan keuangan pada event laporan keuangan dipublikasikan. (2).  Apakah laporan yang dipublikasikan mempunyai pengaruh   yang signifikan  terhadap perubahan harga saham di Bursa Efek Jakarta pada event laporan keuangan di  publikasikan. Dalam    penelitian   ini    ditemukan bahwa informasi  laporan keuangan tersebut memiliki pengaruh kecil terhadap  jluktuasi   harga  saham di BEJ.  Hal ini didukung  dengan penemuan pertuma bahwa ternyata 23   perusahaan yang  menjadi sampei hanya  60,87%  (14 perusahaan   sampel) menunjukkan adanya perbedaan harga sahamnya antara sebelum  dan sesudah publikasi  atau pemberitaan laporan keuangan. Guna  mendukung dan menganalisa hasil  penemuan  ini,  maka pada makalah ini  akan  dibagi  menjadi 5  bagian.  Bagian pertama akan mengulas  mengenai    beberapa   hasil riset     terakhir tentang harga saham dan latar belakang penelitian.  Bagian kedua mencoba menggambarkan kerangka berpikir.  Bagian  ketiga menggambarkan data yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan bagian keempat mencoba mengembangkan metode penelitian dan hasilnya,  dan bagian terakhir akan dibahas mengenai hasil penelitian dan kemudian disimpulkan.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-17 22:17:48

No citation recorded.