skip to main content

Menginvestigasi Kunci Penentu Keberhasilan Usaha Pada Profesi Notaris (Studi Fenomenologi Terhadap Notaris di Kota Semarang dan Sekitarnya)

*Rika Budi Antawati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Fuad Mas'ud  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2019 JURNAL BISNIS STRATEGI

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Dalam satu dasa warsa terakhir, jumlah notaris meningkat secara signifikan dikarenakan melonjaknya jumlah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan notaris.  Kondisi ini mengakibatkan meningkatnya persaingan antar notaris.  Agar dapat  terus bertahan dan menambah klien, seorang notaris dituntut untuk melakukan inovasi yang mendukung pelayanan prima dalam mengelola bisnisnya.  Sayangnya mayoritas notaris tidak memiliki bekal pengetahuan manajemen.  Literatur yang membahas kiet sukses dalam berkarir sebagai notaris juga sangat jarang ditemui.  Hal tersebut menjadi dasar dari penelitian ini untuk menginvestigasi faktor-faktor yang menyebabkan seorang notaris mampu untuk bertahan, berkembang dan mengembangkan relasinya.

Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi terhadap notaris yang telah menjalankan jabatannya selama 15 tahun dan membuat akta notariil minimal 100 dalam setiap tahunnya.  Kriteria tersebut dijadikan dasar untuk mengivestigasi masing-masing notaris hingga dapat berkembang seperti saat ini.  Terdapat 5 kantor notaris yang diivestigasi dalam penelitian ini.  Kantor-kantor tersebut berlokasi di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.  Sebanyak 15 pertanyaan yang berkaitan dengan faktor penentu keberhasilan bisnis digunakan dalam wawancara dengan masing-masing notaris.

Dari hasil penelitian ditemukan beberapa faktor yang dapat menjadi penentu keberhasilan notaris dalam menjalankan jabatannya.  Dari berbagai faktor tersebut, proses manajemen sumber daya manusia yang baik menjadi penentu untuk keberhasilan.  Kantor notaris disarankan melakukan refleksi gaya kepemimpinan serta pembenahan rekrutmen, seleksi, pendidikan dan pelatihan serta kompetensi bagi karyawan.  Beberapa implikasi manajerial dalma pengelolaan kantor notaris juga akan didiskusikan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Key Success Factors, Notaris, Profesional, Kualitatif, Fenomenologi


 

Fulltext View|Download
Keywords: Key Success Factors; Notaris; Profesional; Kualitatif; Fenomenologi

Article Metrics:

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Aragon-Correa, J.A., Garcia-Morales, V.J., Cordon-Pozo, E. (2007). Leadership and organizational learning’s role on innovation and performance: Lessons from Spain. Industrial Marketing Management, Vol 36, 349–359
  3. Berry, L. L. (1980). Services marketing is different. Business, 30(3), 24-29
  4. Birasnav, M. (2013). Implementation of supply chain management practices: The role of transformational leadership. Global Business Review, 14(2), 329-342
  5. Brown, C. (2014). The Effects of Emotional Intelligence (EI) and Leadership Style on Sales Performance. Economic Insights-Trends & Challenges, 66(3)
  6. Carman, J. and Lengeard, E. (1980). Growth strategies of service firms, Strategic Management Journal, 1(1): 7–22
  7. Cavazotte, F., Moreno, V., & Hickmann, M. (2012). Effects of leader intelligence, personality and emotional intelligence on transformational leadership and managerial performance. The Leadership Quarterly, 23(3), 443-455
  8. Cheung, Millissa FY dan Wong, Chi-Sum (2011) “Transformational leadership, leader support, and employee creativity”, Leadership & Organizational Development Journal Vol. 32 No 7 : 656-672
  9. Dione, Shelley D, Yammarino Francis J, Atwater Leanne E dan Spangler William D (2003) “Transformational leadership and team performance”, Journal of Organizational Change Management Vol 17 Issue 2: 177 -193
  10. Forret, M. L., & Dougherty, T. W. (2004). Networking behaviors and career outcomes: differences for men and women?. Journal of Organizational Behavior: The International Journal of Industrial, Occupational and Organizational Psychology and Behavior, 25(3), 419-437
  11. Forsman, H. (2008). Business development success in SMEs: a case study approach. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(3), 606-622
  12. Frow, J. (2010). Matter and materialism A brief pre-history of the present
  13. Gibson, Carter, Hardy, III Jay H dan Buckley M. Ronald (2014) “Understanding the role of networking in organiations, Career Development International Vol. 19 Iss 2 : 146 – 161
  14. Goleman, D., Boyatzis, R. & McKee, A. (2002). Primal leadership learning to lead with emotional intelligence. Boston Massachusetts: Harvard business Press
  15. Judge, T. A., & Piccolo, R. F. (2004). Transformational and transactional leadership: A meta-analytic test of their relative validity. Journal of Applied Psychology, 89(5), 755–768
  16. Kotter, J. P., & Heskett, J. L. (1992). Corporate and performance. Nova Iorque: The Free Press
  17. Levin, Ira M (2000) “Five windows into organization culture: An Assesment Framework and Approach”, Organization Development Journal Vol 18 Number 1 : 83-93
  18. Martin, A. 2015. Talent management: Preparing a “ready” agile workforce. aaaaInternational Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine, Vol. 2, pp. 112-116
  19. Notaris Reglement Stb no3
  20. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 26 Tahun 2016 tentang Formasi Jabatan Notaris dan Penentuan Kategori Daerah
  21. Presentasi Dewan Kehormatan Pusat Ikatan Notaris Indonesia dalam rangka Penyegaran dan Peningkatan Pengetahuan Ikatan Notaris Indonesia di Solo tanggal 26 Januari 2018
  22. Rao, M.S. 2014. Transformational leadership- an academic case study. Industrial and aaaaCommercial Trainning, Vol. 46, No. 3, pp. 150-154
  23. Rashid, Md Zabid Abdul, Sambasivan Murali dan Johari Juliana (2003) “The influence of corporate culture and organisational commitmen on performance”, Journal of Management Development Vol 22 Iss: 8 : 708 – 728
  24. Schein, E. H. (1983). The role of the founder in creating organizational culture. Organizational dynamics, 12(1), 13-28
  25. Simpson, M., Tuck, N., & Bellamy, S. (2004). Small business success factors: the role of education and training. Education+ Training, 46(8/9), 481-491
  26. Smircich, L. (1983). Concepts of Culture and Organizational Analysis. Administrative Science Quarterly, 28(3), 339-358. doi: 10.2307/2392246
  27. Watson, Kathryn, Hogarth-Scott Sandrea dan Wilson Nicholas (1998) “Small business start-ups: success factors and support implications, International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Vol 4 Iss 3 : 217 – 238
  28. Xenikou, Aghena dan Simosi, Maria (2006) “Organizational culture and transformational leadership as predictors of bunisess unit performance”, Journal of Managerial Psychology Vol 21 No. 6 : 566 -579
  29. Yeung, I. Y., & Tung, R. L. (1996). Achieving business success in Confucian societies: The importance of guanxi (connections). Organizational dynamics, 25(2), 54-65
  30. Yin, R. K. (2003). Case study research design and methods third edition. Applied social research methods series, 5

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-10-29 19:45:06

No citation recorded.