Pemodelan Sistem Informasi Untuk Mengukur Kualitas Kinerja Perguruan Tinggi dengan Pendekatan Balanced Scorecard dan Blue Ocean Strategy

DOI: https://doi.org/10.21456/vol3iss2pp74-81

Article Metrics: (Click on the Metric tab below to see the detail)

Article Info
Published: 10-07-2013
Section: Research Articles
Fulltext PDF Tell your colleagues Email the author

Semakin tingginya persaingan saat ini, khususnya perguruan tinggi bidang pendidikan, memunculkan kebutuhan strategi bisnis untuk bertahan. Pemodelan Sistem Informasi dengan pendekatan Balanced Scorecardkini merupakan salah satu tujuan dalam pencapaian pengukuran hasil kinerja untuk mencapai sasaran perguruan tinggi serta menciptakan inovasi solusi dengan menerapkan Blue Ocean sehingga selaras dengan strategi bisnis yang dijalankan. Pemodelan sistem informasi yang akan dibahas adalah menggunakan strategi bisnis Balanced Scorecard (BSC) diintegrasikan dengan Blue Ocean Strategy (BOS). Dengan sifat-sifat pada BSC dan BOS, model ini menjawab kebutuhan Strategi Sistem Informasi pada perguruan tinggi yang berkarakteristik dinamis, inovatif, dan tingkat persaingan tinggi dengan hasil pencapaian kinerja yang terukur. Pemodelan sistem informasi diimplementasikan pada Universitas Pancasakti Makassar. Hasil menunjukkan komponen-komponen perguruan tinggi yang dipetakan ke dalam 4 perspektif BSC, yaitu perspektif pelanggan, finansial, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan dan kanvas strategi serta kerangka kerja 4 langkah pada BOS yaitu kurangi-tingkatkan-hapus-ciptakan. Hasil penelitian berupa pengukuran penilaian kinerja dengan program aplikasi berbasis web, yang merupakan bagian dari sistem informasi management perguruan tinggi. Sistem ini memberikan informasi kepada seluruh anggota yang terkait tentang kualitas kinerja.

Kata kunci : Balanced Scorecard(BSC); Kualitas kinerja; Blue ocean strategy(BOS); Web; Perguruan tinggi

  1. Herlinah Baharuddin 
    Program Magister Sistem Informasi, Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Wahyul Amien Syafei 
    Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Kodrat Imam Satoto 
    Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia