Desain Sistem Palka Ikan Hidup Pada Lambung Kapal Ikan Katamaran

*Parlindungan Manik -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 8 Mar 2018; Published: 9 Apr 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 729 534
Abstract

Penggunaan bentuk lambung katamaran sebagai kapal ikan berdasarkan adanya kelemahan – kelemahan yang terdapat pada bentuk lambung monohull. Keberadaan dan penggunaan sistem palkah ikan hidup, dapat membantu nelayan dalam menekan biaya operasional pengawetan ikan hasil tangkapan sebesar 11,8 %. Sedangkan penggunaan layar lebih mengacu pada pengurangan komponen biaya terbesar dari operasional kapal ikan yaitu komponen biaya bahan bakar. Dari perancangan hullform katamaran untuk muatan ikan hidup diambil satu hullform yang memiliki kinerja terbaik. Kinerja yang dimaksud dalam hal ini adalah hidrostatis, hambatan kapal, stabilitas, dan olah gerak dari kapal. Penelitian tentang desain kapal ikan katamaran untuk muatan ikan hidup yang menggunakan sistem penggerak layar dan mesin ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kinerja hullform yang memiliki kinerja lebih baik dibandingkan dengan hullform yang menggunakan sistem palka biasa dan menjadi salah satu alternatif bagi pengembangan hullform kapal ikan ke arah yang lebih modern. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa didapat suatu hasil yang menunjukkan bahwa pada kecepatan 12 knot, dari beberapa variasi dimensi panjang palka ikan untuk kapal ikan katamaran dengan sistem palka ikan hidup, variasi dimensi panjang palka 2,0 m dapat mereduksi hambatan terbesar di antara hullform modifikasi lainnya sebesar 3,99 % dari hambatan yang diterima kapal ikan katamaran dengan sistem palka standar. Sementara dari segi stabilitas pada berbagai kondisi yang divariasikan, variasi dimensi panjang palka 2,0 m memiliki stabilitas yang lebih baik dari variasi dimensi panjang palka lainnya dan kapal katamaran dengan sistem palka biasa. Pemasangan layar pada variasi dimensi panjang palka 2,0 m mampu mengurangi tenaga pengoperasian sebesar  48,42 % dibandingkan kapal dengan system palka ikan biasa.

Keywords
Katamaran; Kapal Ikan; Palkah; Ikan Hidup

Article Metrics:

  1. A.W.B.Santosa, E.S. Hadi, “Kajian Stabilitas Kapal Ikan type purse seine di Kabupaten Batang”, Kapal. Vol 3, no. 1, pp. 10 – 16, 2006
  2. E. S. Hadi, “Kajian Propeller Engine Matching pada Kapal Ikan Tradisional di Kabupaten Batang”, Kapal, Vol 3, no. 3, pp. 125 – 134, 2006
  3. E. S. Hadi, A.F. Zakki, “Studi perancangan design layar pada perahu motor tempel untuk mengurangi BBM dalam Operasi Penangkapan Ikan”, Kapal, Vol. 3, no. 2, pp. 86 – 95, 2006
  4. E. S. Hadi, “Design Kapal Ikan Tradisional type Batang dengan Penggerak Layar dan Motor (Project Design KLM Torani II)”, Kapal, Vol. 4, no. 1, pp. 16 – 25, 2007.
  5. E. S. Hadi, A. W. B. Santosa, “Studi Design Kapal Ikan Dengan Menggunakan Tipe Lambung Katamaran, Kapal, Vol. 4, no. 3, pp. 156 – 165, 2007.
  6. E. S. Hadi, “Design Kapal Katamaran Dengan Sistem Penggerak Bersumber Dari Solar Sel”, Kapal, Vol. 4, no. 1, pp. 32 – 41, 2007.
  7. E. S. Hadi, et all, “Rancang Bangun Kapal Layar Motor dengan Model Lambung Katamaran untuk Kapal Multi Fungsi Penangkap Ikan dan Bagan Apung”, Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro, 2009.
  8. I. Firman, “Rancang Bangun KLM Purse Seine melalui Modifikasi Bentuk Lambung Kapal Tradisional Batang”, Tugas Akhir Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, 2009.
  9. Dinas Kelautan dan Perikanan, “Pengertian Dasar Besaran –Besaran Kapal”, BBPPI, Semarang, 2006.
  10. M. Basuki, et all, Usaha Kerapu Hidup, BBPPI, Semarang, 1989.
  11. Haryudi, “Perencanaan Kapal Katamaran dengan Metode Pembanding untuk Angkutan Sungai di Kalimantan Barat, Tugas Akhir Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, 2009.
  12. R.B. Mulyanto et all, Pengenalan dan Pengukuran Bentuk Konstruksi Palka Ikan, BBPPI, Semarang, 2000
  13. Badan Meteorologi Dan Geofisika Wilayah III. Arah Angin Dan Karakteristik Perairan Di Kepulauan Indonesia. 2004
  14. Bhattacaryya, R. “Dynamics Of Marine Vehicles”. New York : John Willey & Sons Inc. 1978