ANALISA PENGARUH BENTUK LAMBUNG AXE BOW PADA KAPAL HIGH SPEED CRAFT TERHADAP HAMBATAN TOTAL

DOI: https://doi.org/10.14710/kpl.v12i2.8351

Article Metrics: (Click on the Metric tab below to see the detail)

Article Info
Submitted: 24-03-2015
Published: 09-06-2015
Section: Research Articles
Fulltext PDF Tell your colleagues Email the author

Hambatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi proses perancangan sebuah kapal. Kapal dengan bentuk lambung yang baik akan menghasilkan hambatan yang efisiensi sehingga operasional kapal dan pergerakan kapal lebih baik. Pada ini penelitian dilakukan dengan memodelkan kapal high speed craft tipe Crew boat panjang 38 meter, lebar 7.6 meter, tinggi 3.65 meter dan draft 1.89 meter. Selanjutnya diselidiki model lambung kapal yang menghasilkan hambatan total paling kecil menggunakan pendekatan studi numerik software (maxsuft hullspeed) metode savitsky dan holtrop dan software Computational Fluid Dynamics (CFD).

Hasil penelitian berdasarkan analisa numerik (Maxsuft –Hullspeed) dan CFD menujukkan pada kecepatan sevice bentuk lambung model AXE Bow memiliki nilai hambatan yang lebih kecil dibandingkan model kapal planing hull chine (HPC) dan rounded hull (RH). Hasil perhitungan numerik dan CFD memiliki nilai yang hampir sama pada setiap variasi model. Hasil komparisi yang dilakukan didapatkan selisih total hambatan pada kecepatan 25 knot yaitu  model HPC 1.8 kN, model HPCAB 5.2 kN, model RH 4.8 kN dan model 5.1 kN. Dari perbandingan kedua metode tersebut memiliki selisih cukup kecil yaitu  kurang dari 5%. Selain mendapatkan nilai hambatan Software CFD akan menghasilkan nilai  perbandingan gaya angkat (lift force), dan total pressure yang terdistribusi  pada permukaan model setiap variasi kecepatan.

Keywords

hambatan, high speed craft, axe bow, planing hull, rounded, CFD

  1. Romadhoni Oni 
    Politeknik Negeri Bengkalis-Riau, Indonesia

    Ship Bulding Polytechnik Bengkalis and

    Navel Architec  ITS Surabaya

  2. I.K.A.P Utama 
    Jurusan Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia
  1. ANSYS. (2011). ANSYS CFX Intoduction & Tutorials ANSYS, Inc.
  2. Bhattacharyya, R. (1978). Dynamics Of Marine Vehicles. New York.
  3. Savitsky, D (1964). Hydrodynamic Design of Planing Hull. Journal Marine Technology.
  4. Endro, W.D. (2014), High Speed Ship Total Resistance Calculation (An Empirical Study), Jurnal Kapal V11 No.1.
  5. Harvald, S.V. (1988). Hambatan dan Propulsi Kapal. Terjemahan oleh Jusuf Sutomo, Ir. M.sc. 1992. Surabaya: Airlangga University Press.
  6. Gelling J.L. (2006), The Axe Bow: The Shape of Ships to Come, International HISWA Symposium on Yacht Design and Yacht Construction. The Nederland, Amsterdam
  7. Keuning, J.A., Pinker, J., & Walree, F.V. (2011), Investigation In To The Hydrodynamic Performance of the AXE Bow Concept.
  8. Oortmerssen, G. (1971), A Power Prediction Method and its Application to Small Ships, International Shipbuilding Progress, Vol 18, No.207.
  9. Watson, D.G.M. (1998), Practical Ship Design, Volume I. Oxford, UK, Elsevier Science Ltd.