Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for METANA?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

METANA menerima tulisan berupa artikel riset dalam bidang rekayasa dan proses di bidang teknik kimia. Naskah artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris pada kertas A4 (rangkap 2). Naskah yang dimasukkan ke METANA harus belum dan tidak akan dimasukkan ke jurnal atau media publikasi lainnya. Untuk mempercepat proses editing, naskah final (setelah diperbaiki sesuai saran perbaikan Dewan Redaksi) harus disertai dengan file yang ditulis dengan MS Word Windows. Naskah dikirimkan kepada Dewan Redaksi METANA, dengan melakukan registrasi pada OJS dengan sebelumnya membuat akun pada url https://ejournal.undip.ac.id/index.php/metana/user/register. Setelah proses submit selesai penulis akan mendapatkan email pemberitahuan dari METANA.

PETUNJUK PENULISAN UMUM

  1. Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1,5 spasi, font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, format satu kolom, dan margin (top 3 cm; left 2 cm; bottom 3 cm; right 2 cm).
  2. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya maximal 12 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.
  3. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).
  4. Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari struktur artikel. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (Introduction) atau dalam pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.
  5. Singkatan, ketika pertama kali muncul dalam teks, harus diikuti dengan kepanjangannya. Singkatan tidak perlu dibubuhi tanda titik.
  6. Gunakan satuan sistem SI dan penulisan yang memudahkan pengetikan naskah. Contoh: gunakan kg/ha, bukan kg.ha-1. Bilangan dari nol sampai sembilan ditulis dalam kata, kecuali jika angka tersebut diikuti satuan. Contoh: 5 ppm.
  7. Di dalam teks, gunakan huruf awal kapital jika kata “tabel” dan “gambar” diikuti angka. Contoh Tabel 2, Gambar 1.
  8. Tabel dibuat tanpa garis vertikal.
  9. Formula matematik harus ditulis dengan jelas dan teliti, dengan jarak cukup jauh dari teks sebelum dan sesudahnya.

PETUNJUK PENULISAN KHUSUS

Naskah terdiri atas Judul dan Nama Penulis lengkap dengan alamat, diikuti oleh Abstrak (dengan kata kunci); Abstract (dengan Keywords); Pendahuluan; Metodologi; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan; Ucapan Terimakasih (pada lembaga ada sumber dana penelitian) dan Daftar Pustaka.

 

Judul (Title)

Judul dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, singkat, informatif, dan deskriptif (maksimum 12 kata)

  • Penulisan Judul menggunakan huruf besar di awal kata, kecuali nama latin, yag harus ditulis miring.
  • Usahakan tidak mengandung singkatan dan rumus kimia
  • Nama lengkap penulis tanpa gelar dan institusi tempat afiliasi masing-masing penulis·
  • Disertai alamat institusi lengkap

 

Abstrak

Abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia dan Inggris

  • Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
  • Abstrak ditulis dalam satu paragraf; ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); panjang abstrak berkisar antara 150 – 200 kata.
  • Hindari perujukan dan penggunaan singkatan yang tidak umum.

Pendahuluan (Introduction)

  • Justifikasi tentang subyek yang dipilih didukung oleh pustaka yang ada.
  • Harus diakhiri dengan menyatakan ‘apa tujuan tulisan’.

 Metodologi (Method)

  • Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi subyek/bahan yang diteliti, alat yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengambilan data, analisis dan model statistik yang digunakan.
  • Hindari penulisan rumus-rumus statistik secara berlebihan.
  • Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saja. Jika diperlukan, sebutkan sumber rujukan yang digunakan sebagai acuan.

 Hasil dan Pembahasan (Result and Discussion)

  • Format hasil penelitian dan pembahasan tidak dipisahkan, mengingat jumlah halaman yang tersedia bagi penulis terbatas.
  • Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal.
  • Judul tabel dan grafik atau keterangan gambar disusun dalam bentuk frase (bukan kalimat) secara ringkas.
  • Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut, sedangkan judul tabel diletakkan di atasnya. Judul diawali dengan huruf kapital.
  • Jangan mengulang menulis angka-angka yang telah tercantum dalam tabel di dalam teks pembahasan. Jika akan menekankan hasil yang diperoleh sebaiknya sajikan dalam bentuk lain, misalnya persentase atau selisih. Untuk menunjukkan angka yang dimaksud, rujuk saja tabel yang memuat angka tersebut.
  • Pada umumnya jurnal internasional tidak menginginkan bahasa statistik (seperti: significantly different, treatment, dll) ditulis dalam pembahasan. Hindari copy dan paste tabel hasil analisis statistik langsung dari software pengolah data statistik.
  • Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya.
  • Pengutipan rujukan dalam pembahasan jangan terlalu panjang (bila perlu dihindari).
  • Sitasi hasil penelitian atau pendapat orang lain hendaknya disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri (tidak menggunakan kalimat yang persis sama).
  • Kumpulan penelitian sejenis dapat dirujuk secara berkelompok.

 Ucapan Terima Kasih (Acknowledgement)

 Dibuat ringkas sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak penyedia dana penelitian

 

Daftar Pustaka (References)

  • Harus memuat semua pustaka yang (hanya) digunakan di dalam manuskrip
  • Daftar Pustaka ditulis dengan lengkap dan berurutan alfabetis, sehingga pembaca yang ingin menelusuri pustaka aslinya akan dapat melakukan dengan mudah
  • Hanya pustaka yang telah diterbitkan yang boleh dicantumkan
  • Disarankan menggunakan reference manger dalam pembuatan daftar pustaka (Mendeley, Zotero, Endnote, RefWorks)

Menggunakan sistem nama belakang (nama kedua) kecuali untuk autor yang bernama hanya satu Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut:

  • Dua penulis: Suswanto dan Moeredi (1991) atau (Suswanto dan Moeredi, 1991)
  • Tiga Penulis: Rokayah et al., (1991) atau (Lucy et al., 1991).
  • Gunakan et al. untuk pustaka yang penulisnya lebih dari 2 orang. Penulisan nama penulis mengikuti Konvensi Internasional (menggunakan nama marga atau nama belakang)

Contoh penulisan Daftar Pustaka:

Buku dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul buku (harus ditulis miring) volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit .

Castleman, K. R., 2004, Digital Image Processing, Vol. 1, Ed.2,  Prentice Hall, New Jersey.

 ● Buku Terjemahan dengan urutan penulisan: Penulis asli (nama depan, tengah. (disingkat), belakang. (disingkat)), tahun buku terjemahan, judul bukuterjemahan (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), (diterjemahkan oleh : nama penerjemah), nama penerbit terjemahan dan kota penerbit terjemahan.

Gonzales, R., P. 2004, Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2,  diterjemahkan oleh Handayani, S., Andri Offset, Yogyakarta.

 ● Artikel dalam Buku dengan urutan penulisan: Penulis artikel, tahun, judul artikel (harus ditulis miring), nama editor, judul buku (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit.

Wyatt, J. C, dan Spiegelhalter, D., 1991,  Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions,  Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.

 ●Pustaka dalam bentuk artikel dalam majalah ilmiah:

Urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman.

Yusoff, M, Rahman, S.,A., Mutalib, S., and Mohammed, A. , 2006, Diagnosing Application Development for Skin Disease Using Backpropagation Neural Network Technique, Journal of Information Technology, vol 18, hal 152-159.

Pustaka dalam bentuk artikel dalam seminar ilmiah:

Artikel dalam prosiding seminar dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, Judul prosiding Seminar (harus ditulis miring), kota seminar, tanggal seminar.

Wyatt, J. C, Spiegelhalter, D, 2008, Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions, Proceeding of  15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Washington, May 3.

 ● Pustaka dalam bentuk Skripsi/Tesis/Disertasi dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul skripsi, Skipsi/Tesis/Disertasi (harus ditulis miring), nama fakultas/ program pasca sarjana, universitas, dan kota.

Prasetya, E., 2006, Case Based Reasoning untuk mengidentifikasi kerusakan bangunan, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta.

 ●Pustaka dalam bentuk Laporan Penelitian:

Urutan penulisan: Peneliti, tahun, judul laporan penelitian, nama laporan penelitian (harus

ditulis miring), nama proyek penelitian, nama institusi, dan kota.

Ivan, A.H., 2005, Desain target optimal, Laporan Penelitian Hibah Bersaing,Proyek Multitahun, Dikti, Jakarta.

 Pustaka dalam bentuk artikel dalam internet (tidak diperkenankan

melakukan sitasi artikel dari internet yang tidak ada nama penulisnya):

Artikel majalah ilmiah versi cetakan dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman.

Wallace, V.P. , Bamber, J.C. & Crawford, D.C. 2000. Classification of reflectance spectra from pigmented skin lesions, a comparison of multivariate discriminate analysis and artificial neural network. Journal Chemical , 3(45):2859-2871.

Xavier Pi-Sunyer, F., Becker, C., Bouchard, R.A., Carleton, G. A., Colditz, W., Dietz, J., Foreyt, R. Garrison, S., Grundy, B. C., 1998,  Chemical Guidelines on the identification, evaluation, and treatment, Journal of National Institutes of Chemical, 4(3): 123-130

 

 

 

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.