skip to main content

Hubungan Pengetahuan Dismenore terhadap Sikap Mengatasi Dismenore pada Mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi

*Erni Septiana  -  Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya|Universitas Siliwangi, Indonesia
Suharsono Suharsono  -  Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya|Universitas Siliwangi, Indonesia
Rinaldi Rizal Putra  -  Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya|Universitas Siliwangi, Indonesia
Open Access Copyright 2020 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dismenore terhadap sikap mengatasi dismenore pada mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Agustus 2020 di Universitas Siliwangi. Dismenore merupakan salah satu gangguan menstruasi yang sering terjadi pada wanita. Mahasiswi Pendidikan Biologi memiliki pengetahuan dasar mengenai materi reproduksi khususnya menstruasi dan gangguannya, sehingga memiliki bekal pengetahuan tentang dismenore. Pengetahuan mahasiswi tentang dismenore dapat berpengaruh terhadap sikap mengatasi dismenore.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Pendidikan Biologi dari angkatan 2016 hingga 2018 sebanyak 299 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi Pendidikan Biologi angkatan 2016 yang sudah mengontrak mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data pengetahuan dismenore diperoleh melalui tes tertutup berupa tes pilihan majemuk 5 opsi sebanyak 16 soal, sedangkan data sikap mengatasi dismenore diperoleh melalui kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana.

Hasil: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat hubungan antara pengetahuan dismenore terhadap sikap mengatasi dismenore pada mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi dengan nilai R sebesar 0,365 dan nilai R Square sebesar 0,133 yang berarti bahwa kontribusi yang diberikan dari aspek pengetahuan dismenore terhadap sikap mengatasi dismenore sebesar 13,3%.

Kata Kunci: Dismenore; pengetahuan; sikap

 

ABSTRACT

Title: The Relationship between Knowledge of Dysmenorrhea and Attitudes to Overcome Dysmenorrhea in Biology Education Students at the University of Siliwangi

Backgroud: This study aims to determine the relationship between knowledge of dysmenorrhea and attitudes to overcome dysmenorrhea in Biology Education students at the University of Siliwangi. This research was conducted from September 2018 to August 2020 at Siliwangi University. Dysmenorrhea is a menstrual disorder that often occurs in women. Biology Education students have basic knowledge of reproductive material, especially menstruation and its disorders, so they have knowledge of dysmenorrhea. Students' knowledge about dysmenorrhea can influence their attitude to overcome dysmenorrhea.

Method: This research is a quantitative research which is non-experimental in nature with a correlational method. The population in this study were all Biology Education students from class 2016 to 2018 as many as 299 people. The sample in this study were students of Biology Education class 2016 who had contracted the Human Body Anatomy and Physiology course, the sample was taken using purposive sampling technique. Dysmenorrhea knowledge data obtained through a closed test in the form of a compound 5 option test as many as 16 questions, while the attitude to overcome dysmenorrhea data obtained through a questionnaire. Hypothesis testing uses simple linear regression analysis.

Result: Based on the research that has been done, there is a relationship between knowledge of dysmenorrhea on attitudes to overcome dysmenorrhea in Biology Education students at the University of Siliwangi with an R value of 0.365 and an R Square value of 0.133 which means that the contribution given from the knowledge aspect of dysmenorrhea to attitudes to overcome dysmenorrhea is 13.3%.

Keywords: Dysmenorrhea; knowledge; attitude

Fulltext View|Download
Keywords: Dismenore; pengetahuan; sikap

Article Metrics:

  1. Achmadi, U F. (2014). Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers
  2. Anurogo, D dan Ari Wulandari. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: CV Andi Offset
  3. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Azwar, S. (2013). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Badan Pusat Statistik. (2017). Perempuan dan Laki-laki di Indonesia 2016. Jakarta: BPS
  7. Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., Hyun, H.H. (2012). How to Desain and Evaluate Research in education, Eight Edition. New York: McGraw-Hill
  8. Gay, L.R., Mills, G.E., Airasian P. (2012). EDUCATIONAL RESEARCH: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Edition. America: Pearson
  9. Hernawan, E. (2018). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi
  10. Kusmiyati. (2016). “Nyeri Haid, Penyebab, dan Penanggulangannya”. J. Pijar MIPA. 6(1). 18-23
  11. Kusmiyati. et al. (2016). “Studi Pengetahuan tentang Menstruasi dengan Upaya Penanganan Dismenore pada Mahasiswa Pendidikan Biologi”. J. Pijar MIPA. 4(1). 47-50
  12. Laila, N. N. (2011). Buku Pintar Menstruasi. Yogyakarta: Buku Biru
  13. Lusianah, dkk. (2012). Prosedur Keperawatan. Jakarta: TIM
  14. Proverawati, A. dan Misaroh. (2009). Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika
  15. Rahmawati, T. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dismenorea Mahasiswi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang Terhadap Sikap Mengatasi Dismenorea Primer. Skripsi FST UIN Walisongo Semarang
  16. Siyoto, S dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Yogyakarta: Literasi Media Publishing
  17. Wawan, A dan Dewi M. (2010). Teori & Pengukuran: Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
  18. Widodo, A (2005). Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Didaktis. 4(2), 61-69. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  19. Wijayanti, A. et al. (2017). “Hubungan Pengetahuan tentang Menstruasi dengan Sikap dalam Penatalaksanaan Dismenore Primer pada Remaja Putri di SMAN 58 Jakarta”. BIOTA: Jurnal Pendidikan Biologi FITK UIN Mataram. 5(1). 1-13

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.