skip to main content

Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Dalam Perspektif Pelanggan Internal di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan X Kota Semarang

1Bagian Administrasi dan Kebijakann Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

2Laboratorium Audio Visual Aids Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Received: 5 Aug 2024; Revised: 20 May 2025; Accepted: 21 May 2025; Available online: 15 Jun 2025; Published: 29 Jun 2025.
Editor(s): Suci Amalia, S.Gz., M.Gz
Open Access Copyright (c) 2025 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Manajemen pengelolaan pelanggan internal atau sumber daya manusia di RSGM P X di Kota Semarang menunjukkan kendala dalam kekurangan jumlah pegawai, angka turn over pegawai yang naik, ketidakcocokan calon pegawai terkait kompensasi yang diterima, dan ketidakdisiplinan pegawai terhadap jam kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja dalam perspektif pelanggan internal di RSGMP-X Kota Semarang.
Metode: Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Perhitungan sampel menggunakan rumus Krejcie and Morgan dengan total sampel penelitian sebanyak 75 pegawai terdiri dari dokter gigi, dokter gigi muda, perawat dan staf non medis. Variabel yang diteliti terdiri dari Dimensi perencanaan, perilaku organisasi, kinerja, manajemen, supervisi, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia, serta kompensasi dan manfaat yang diterima pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan dianalisis secara bivariat dengan Uji Chi-Square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dimensi perilaku organisasi (p=,001) , dimensi manajemen (p=0,003), dimensi pengembangan dan pemeliharaan pegawai (p=0,001), dan dimensi kompensasi dan manfaat (p=0,005) memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan internal di RSGMP-X. Sedangkan dimensi perencanaan (p=0,449), dimensi kinerja (p=0,178), dan dimensi supervisi (p=0,178) tidak berhubungan dengan kepuasan pelanggan internal di RSGMP-X.
Simpulan: Rumah Sakit perlu memberikan perhatian dalam memperlakukan pegawai, komunikasi antara manajemen dengan pegawai, pemberian pelatihan dan kesesuaian kompensasi dengan beban kerja serta bentuk kompensasi lainnya yang berdampak pada kepuasan pelanggan internal.

Kata kunci: Motivasi ; Kepuasan Kerja ; Pelanggan Internal


ABSTRACT
Title: Factors Associated with Job Satisfaction from the Perspective of Internal Customers at the X Teaching Dental and Oral Hospital in Semarang

Background: Human resource management at RSGM P X in Semarang City shows constraints in the limited number of employees, increasing employee turnover rates, prospective employees' incompatibility regarding the compensation received, and employee indiscipline regarding working hours.
Method: This research is quantitative research with a cross-sectional approach. The sample was the Krejcie and Morgan formula with a total research sample of 75 employees consisting of dentists, young dentists, nurses, and non-medical staff. The variables consisted of Planning, General Attitudes, Performance Issues, Management Issues, Supervisory Issues, Training and Salary Issues, and Benefits Issues. The Data collection was carried out using a structured questionnaire and analyzed bivariately with the Chi-Square statistical test.
Result: The results showed that the variables of organisational behaviour dimension (p=.001), management dimension (p=0.003), employee development and maintenance dimension (p=0.001), and compensation and benefits dimension (p=0.005) had a significant relationship with internal customer satisfaction in RSGMP-X. Meanwhile, the planning dimension (p=0.449), performance dimension (p=0.178), and supervision dimension (p=0.178) are not related to internal customer satisfaction at RSGMP-X.
Conclusion: Hospitals need to pay attention to treating employees, communication between management and employees, providing training, and matching compensation with workload and other forms of compensation that impact internal customer satisfaction.

Keywords: Motivation; Job Satisfaction; Internal Customers

Fulltext View|Download
Keywords: Motivasi; Kepuasan Kerja; Pelanggan Internal

Article Metrics:

  1. Yoga, T. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia; 2000
  2. Sujudi. Prinsip-Prinsip Manajemen Rumah Sakit. Pendidikan Pasca Sarjana, MMR-FK UGM, Yogyakarta ; 1997
  3. Mathis, R.L.,Jackson, H. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat, Jakarta ; 2001
  4. Effendi, Nasrul. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Edisi Dua. Buku Kedokteran EGC, Jakarta ; 2005
  5. Umar, Husein. Desain Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat, Jakarta ; 2008
  6. Gibson, dkk. Organisasi: Perilaku- Struktur-Proses, 2. Bina Rupa Aksara, Jakarta ;1996
  7. RSGMP-X. Profil Rumah Sakit RSGMP-X Semarang [Internet]. 2021 [cited 2022 Jan 15]. Available from: http://rsgmunimus.com/
  8. Bagian SDM RSGMP-X. Laporan Sumber Daya Manusia di RSGMP-X Periode Tahun 2023. Data Sekunder, Semarang ; 2023
  9. Angelo Kinicki, Robert Kreitner. Organizational Behaviour; key concepts, skills, and best practices. 3rd ed. Biernat JE, editor. New York: McGraw-Hill/Irwin; 2008
  10. Fatiyah S, Irawan T, Priharwanti A. Faktor Yang Berhubungan Dengan Turnover Intention Pada Perawat Di Rs X Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan 2023, 21(2) : 85-92
  11. Soeroso, S. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit:Suatu pendekatan Sistem. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta ; 2003
  12. Powell, L. Conducting Hospital Employee Satisfaction Surveys. Mountain States Group, Inc., Idaho ;2001
  13. Zebua, M. Manajemen Sumber Daya Manusia Rumah Sakit. Guepedia, Bogor ; 2021
  14. Zein P., Setyaningrum Ratna., Marlinae Lenie. Pengaruh Usia, Pendidikan Dan Jaminan Sosial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Operator Di Pt. Cakrawala Putra Bersama. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia 2016, 3(2) : 38-44
  15. Adhadika T. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri pengolahan di kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang ; 2013
  16. Komariyatun (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Perawat Pelaksana tentang Manajemen Keperawatan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 2014, 2(3) ; 242-252
  17. Salakory, Parinussa. Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepala Ruangan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Ambon. Moluccas Health Journal 2021, 3(3) : 10-22
  18. Nursalam, Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Keperawatan Profesional. edisi 2 Salemba Medika; 2007
  19. Ilyas Y. Perencanaan SDM Rumah Sakit. FKM Universitas Indonesia, Jakarta ; 2000
  20. Puspanidra, T. Pengaruh Iklim Komunikasi Dan Perilaku Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Bogor). Media Bhs. Sastra Dan Budaya Wahana 2016, 1 (12) : 4 – 13
  21. Santika, I.P., Antari, N.L.S. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata 2020, 15 (1) : 57-68
  22. Ulfa, Ludfia., Muchlis, N., Sundari. Pengaruh Beban Kerja Dokter Gigi Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Dan Kinerja Saat Pandemi Covid Di Klinik Kimia Farm Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2021, 2 (3) : 69-80
  23. Astaginy, Niar., Ismanto., Resky. Pengaruh Iklim Organisasi dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen 2023, 1 (4) : 112-124
  24. Susanto, M.A.E., Suryawati, C., Arso., S.P. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan RS M di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 2020, 8(1) : 37-42
  25. Kojongian, V.V., Lengkong, V.P.K., Raintung, M.C. Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasi, Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado. Jurnal EMBA 2021, 9(3) : 1108–1117
  26. Bakhtiar, H.. Pengaruh Motivasi, Koordinasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Magenta 2018, 7 (1) : 31–34
  27. Rusmianingsih, N., Wulan, N., Muslihah, L. Hubungan Penerapan Metode Penugasan Tim Dan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan Tahun 2022. Journal of Nursing Practice and Education 2022, 3 (1) : 89–100
  28. Robbins, Stepen P. Manajemen Jilid 1. Erlangga, Jakarta: 2010
  29. Sirait, Elprida., Pertiwiwati, Endang., Herwati. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Haji Boejasin Pelaihari, Dunia Keperawatan 2016, 4(1) : 14-20
  30. Insyaniar, N., Razak, A., Samsualam. Pengaruh Reward, Insentif, Pembagian Tugas Dan Supervisi Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Jurnal Ilmu Kesehatan Diagnosis 2018, 13 (5) : 531–536
  31. Putri, N.P., Sriatmi, A., Fatmasari, E.Y. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2018, 6 (4): 62–71
  32. Hasibuan, Desmawaty. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat) Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Aek Kanopan Kabupaten Labuan Batu Utara. Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas LabuanBatu, 2019, 7 (2) : 68-75
  33. Mangkuprawira, Tb. S. dan A.V. Hubeis. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia, Bogor ;2009
  34. Musmiler, E., Arif, Y., Wahyudi, W.. Faktor Determinan yang berhubungan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Rsud Dr. Rasidin Padang. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi 2020, 9 (2) ;275–282

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-30 05:01:05

No citation recorded.