skip to main content

PERBEDAAN PERLINDUNGAN PRIVASI KONSUMEN DI INDUSTRI KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN

*Suwinto Johan orcid scopus publons  -  Faculty of Business, President University, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 Masalah-Masalah Hukum under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penggunaan media sosial telah meningkat secara masif. Akun media sosial atau nomor telepon merupakan hak privasi konsumen. Penjualan data pribadi konsumen telah meningkat pesat. Penelitian ini bertujuan membahas perlindungan privasi konsumen terhadap promosi penjualan Penelitian membahas perlindungan privasi industri keuangan dan non-keuangan. Penelitian ini mempergunakan metode legal normatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah harus mampu mengatur penggunaan data pribadi konsumen secara komprehensif. Penggunaan data pribadi ini harus meliputi penggunaan, pelaksanaan dan pengawasan data pribadi konsumen. Peraturan penggunaan data pribadi harus merupakan peraturan yang mengatur keseluruhan data pada saat ini dan masa yang akan datang. Industri non-keuangan belum diatur oleh regulator terkait.

Fulltext View|Download
Keywords: Perlindungan Konsumen; Privasi Konsumen; Promosi Penjualan

Article Metrics:

  1. Abdullah, F. (2018). Consumer Protection on Unfair Contract Terms: Legal Analysis of Exemption Clauses in B2C Transactions in Malaysia. International Journal of Asian Social Science, 8(12), 1097–1106. https://doi.org/10.18488/journal.1.2018.812.1097.1106
  2. Aditya, & Syahwani, K. I. A. (2020). Online Training of Making Brochures Through Imooji to Support The Promotion of The MSMEs During Pandemic Covid-19. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 957–965
  3. Aftab, S., & Khan, M. M. (2019). Role Of Social Media In Promoting Tourism In Pakistan. Journal of Social Sciences and Humanities, 58(1), 101–113
  4. Amin, N. (2012). Protecting consumers against unfair contract terms in Malaysia: The Consumer Protection (Amendment) Act 2010. 9th ASLI Conference, 1(November 1999), 1–11. Retrieved from http://irep.iium.edu.my/24683/
  5. Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, 66(1), 66–72. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id
  6. Anggitafani, R. F. (2021). Perlindungan Hukum Data Pribadi Peminjam Pinjaman Online Perspektif POJK No. 1/POJK.7/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Keuangan dan Aspek Kemaslahatan. Journal of Islamic Business Law, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.25123/vej.2916
  7. Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160
  8. Farhan, Hamdani, F., Astuti, L. N. V., & Fiqri, H. A. H. (2022). Reformasi hukum perlindungan data pribadi korban pinjaman online ( perbandingan Uni Eropa dan Malaysia ). Indonesia Berdaya, 3(3), 567–576
  9. Firmansyah, F. (2014). Mengenal Do Not Call, Pembendung SMS Pengganggu. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/582933/mengenal-do-not-call-pembendung-sms-pengganggu
  10. Fithri, B. S., Munthe, R., & Lubis, A. A. (2021). Asas Ultimum Remedium/The Last Resort Principle Terhadap Pelaku Usaha dalam Hukum Perlindungan Konsumen. DOKTRINA: JOURNAL OF LAW, 4(1), 69–84. https://doi.org/10.31289/doktrina.v4i1.4918
  11. Jailobaev, T., Jailobaeva, K., Baialieva, M., Baialieva, G., & Asilbekova, G. (2021). WhatsApp Groups in Social Research: New Opportunities for Fieldwork Communication and Management. BMS Bulletin of Sociological Methodology/ Bulletin de Methodologie Sociologique, 149(1), 60–82. https://doi.org/10.1177/0759106320978337
  12. Johan, S. (2021a). Peer-to-peer Lending’s Customer Profile: Empirical Research on Indonesia’s Financial Technology Market. Southeast Asian Journal of Economics, 9(1), 103–120
  13. Johan, S. (2021b). Social Media Technology Firms Or States : Who Knows The People Better ? Seri Seminar Riset II (Serina 2) Universitas Tarumanagara, 1–8
  14. Johan, S. (2022). Will Data Protection Act Change the Use of Data in. LamLaj, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32801/lamlaj.v7i1.297
  15. Johan, S., & Ariawan, A. (2021). Keterbukaan Informasi UU Pasar Modal Menciptakan Asymmetric Information Dan Semi Strong Form. Masalah-Masalah Hukum, 50(1), 106–118. https://doi.org/10.14710/mmh.50.1.2021.106-118
  16. Johan, S., & Dewi, C. E. (2021). Credit Limit of Unsecured Consumer Lending: Evidence from Micro Data. Economics and Finance in Indonesia, 67(1), 51. https://doi.org/10.47291/efi.v67i1.697
  17. Lestari, C. F., & Sofiani. (2021). Strategi Promosi Shirokuma Cafe Di Masa Pandemi. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 7(2), 103–109. https://doi.org/10.30813/jhp.v7i2.3024
  18. Marzuki, M. P. (2017). Penelitian Hukum: Edisi Revisi (Revisi). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1409842
  19. Muhaimin, A., Senastri, N. M. J., & Karma, N. M. S. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Telekomunikasi dalam Pelanggaran Data Pribadi Melalui sms Broadcast. Jurnal Preferensi Hukum, 2(2), 238–242. https://doi.org/10.22225/jph.2.2.3315.238-242
  20. Novinna, V. (2020). “Perlindungan Konsumen dari Penyebarluasan Data Pribadi oleh Pihak Ketiga: Kasus Fintech Peer”To Peer Lending". Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 9(1), 92–110. https://doi.org/10.24843/JMHU.2020.v09.i01
  21. Paryadi, D. (2018). Pengawasan E Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(3), 652. https://doi.org/10.21143/jhp.vol48.no3.1750
  22. Putra, J. M. (2021). Data Pribadi Konsumen E-Commerce Bocor dan Dijual Pihak Lain, Bagaimana Hukumnya? Retrieved from https://www.kompas.com/konsultasihukum/read/2021/08/17/060000780/data-pribadi-konsumen-e-commerce-bocor-dan-dijual-pihak-lain?page=all
  23. Qur’ani, H. (n.d.). Kirim SMS Spam Dini Hari, Indosat Digugat Pelanggan. Retrieved from https://www.hukumonline.com/berita/a/kirim-sms-spam-dini-hari--indosat-digugat-pelanggan-lt5f378abb4d2b9/?page=all
  24. Rizal, M. S. (2019). Perbandingan Perlindungan Data Pribadi Indonesia dan Malaysia. Jurnal Cakrawala Hukum, 10(2), 218–227. https://doi.org/10.26905/idjch.v10i2.3349
  25. Rosnelly, B. J. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Group Sebagai Bentuk Pembelajaran Promosi Produk Kewirausahaan Berbasis Online Bagi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Seluma. LP3MKIL, 1(2), 36–46
  26. Samosir, A. (2018). Penyelesaian Sengketa Konsumen Yang dilakukan Bandan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Legal Standing, 2(2), 133–142. Retrieved from www.kompas.co.id
  27. Shani, F. F., Riyanto, S., & Putera, R. A. (2020). Utilization Of Amandroid-Based Digital Marketing Applications As Business Promotional Media. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2020 “Inovasi Disruptif Teknologi Informasi Di Era Normal Baru,” 41–46
  28. Somasundara Yale, S., Kumar, S. C., & Sharma, V. (2018). Current and Potential Use of Whatsap in Oral Health Care - A Narrative Review. International Journal of Health Sciences & Research (Www.Ijhsr.Org), 8, 278. Retrieved from www.ijhsr.org
  29. Subawa, I. M. M. (2020). Protecting personal data in financial technology in indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 22(1), 59–68
  30. Syafina, D. C. (2014). OJK larang penawaran produk melalui SMS & telepon
  31. Tesalonica, N., & Wulandari, B. T. (2021). Pencantuman Sertifikat Keandalan (Logo Trustmark) Sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen E-Commerce Ditinjau Dari Peraturan Yang Berlaku. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 13(1), 79–96. https://doi.org/10.28932/di.v13i1.3874
  32. Velarosdela, R. N. (2020). Duduk Perkara Gugatan Sebesar Rp 100 Alvin Lie terhadap Indosat karena SMS Penawaran
  33. Yuniarti, S. (2019). Perlindungan Hukum Data Pribadi Di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 1(1), 147–154. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v1i1.6030

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-30 09:16:05

No citation recorded.