skip to main content

KONSEP PENGOLAHAN DESAIN RUMAH TUMBUH

*Nursyarif Agusniansyah  -  Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Kurnia Widiastuti  -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Rumah cenderung mengalami perkembangan dari desain awalnya. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, seperti keterbatasan dana pada awal pembangunannya, dan kebutuhan ruangnya yang semakin bertambah. Renovasi kemudian menjadi sesuatu yang umum  dilakukan disetiap rumah.  Jika demikian maka diperlukan adanya suatu konsep yang memberikan solusi dalam pengembangan rumah yang efektif.

Tantangan terbesar pengembangan rumah adalah pada keterbatasan lahan dan anggaran untuk membangunnya. Konsep rumah tumbuh merupakan alternatif pemecahan dalam desain rumah yang berkembang. Konsep pengolahan desain rumah tumbuh ini dapat menjadi panduan dalam memilih atau membangun rumah bagi masyarakat.

Rumah Tumbuh berdasarkan arah perkembangannya dibagi menjadi rumah tumbuh horizontal dan rumah tumbuh vertikal. Jika lahannya luas, maka memungkinkan untuk pengembangan horisontal. Namun jika lahan terbatas, maka  harus dilakukan pengembangan vertikal. Berdasarkan tahapan pengembangannya, perencanaan rumah tumbuh dapat dilakukan dengan mendesain denah ruang yang diperlukan secara keseluruhan, disertai dengan perencanaan tahap pembangunannya.

Fulltext View|Download
Keywords: Desain rumah,Rumah Tumbuh,Pengembangan rumah

Article Metrics:

Last update:

  1. The relationship of home renovation and gender at suburban housing of Semarang city in Indonesia

    Landung Esariti, Marsella Putri, Fitri Fauziah, Diah Dewi. Geographica Pannonica, 25 (2), 2021. doi: 10.5937/gp25-30861
  2. Community strategies in the development of Merapi permanent settlements

    Bagus Ramadhan, Gardyas Bidari Adninda, A. Rahman, Y. Idris, H.A. Haridhi, Muksin, E. Meilianda, T. Musa, I. Rusydy, A. Suppasri, E. Mas, A. Opdyke. E3S Web of Conferences, 340 , 2022. doi: 10.1051/e3sconf/202234004003
  3. Interpretation on aerial photography for house identification on landslide area at Bompon sub-watershed

    Trida Ridho Fariz, Retnadi Heru Jatmiko, Estuning Tyas Wulan Mei, Fathia Lutfiananda. THE 6TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENERGY, ENVIRONMENT, EPIDEMIOLOGY AND INFORMATION SYSTEM (ICENIS) 2021: Topic of Energy, Environment, Epidemiology, and Information System, 2683 , 2023. doi: 10.1063/5.0125382

Last update: 2024-03-28 04:20:49

No citation recorded.