BibTex Citation Data :
@article{MDL10785, author = {Hermin Werdiningsih and Suzanna Sari}, title = {PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN METODA PEMBELAJARAN YANG TERINTEGRASI (INTEGRATED LESSON LEARNED) DARI MATA KULIAH YANG SERUMPUN}, journal = {MODUL}, volume = {16}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {Peningkatan Kualitas ,Metoda pembelajaran, Pembelajaran Yang Terintegrasi}, abstract = { Metoda pembelajaran di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro khususnya yang diimplementasikan pada mata kuliah – mata kuliah yang serumpun dapat dikatakan masih belum optimal dalam pencapaian kualitas pemahaman dari peserta didik. K ondisi tersebut dapat diidentifikasi melalui kegiatan evaluasi dari sistem pembelajaan saat ini yang s ecar a rutin dilakukan di Laboraturium Desain dan Lingkungan BInaan. Dari hasil analisis diketahui bahwa hampir 80% dari keseluruhan mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang serumpun belum memiliki kemampuan untuk dapat mengintegrasikan peran antara mata kuliah yang berada dalam rumpun yang sama dalam satu permasalahan nyata. Pemahaman mahasiswa yang partial tersebut di perkuat dengan sistem pemberian tugas yang berbeda dan hanya diberikan pada setiap mata kuliah yang berada dalam satu rumpun. G una mengantisipasi permasalahan diatas, dalam penelitian ini akan diteliti satu metoda pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan hubungan yang kuat antar mata kuliah dalam satu rumpun. Metoda yang akan dicoba diimplementasikan adalah metoda pembelajaran “Integrated Lesson Learned”. }, issn = {2598-327X}, pages = {55--66} doi = {10.14710/mdl.16.1.2016.55-66}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/modul/article/view/10785} }
Refworks Citation Data :
Metoda pembelajaran di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro khususnya yang diimplementasikan pada mata kuliah – mata kuliah yang serumpun dapat dikatakan masih belum optimal dalam pencapaian kualitas pemahaman dari peserta didik.
Kondisi tersebut dapat diidentifikasi melalui kegiatan evaluasi dari sistem pembelajaan saat ini yangsecara rutin dilakukan di Laboraturium Desain dan Lingkungan BInaan. Dari hasil analisis diketahui bahwa hampir 80% dari keseluruhan mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang serumpun belum memiliki kemampuan untuk dapat mengintegrasikan peran antara mata kuliah yang berada dalam rumpun yang sama dalam satu permasalahan nyata. Pemahaman mahasiswa yang partial tersebut di perkuat dengan sistem pemberian tugas yang berbeda dan hanya diberikan pada setiap mata kuliah yang berada dalam satu rumpun.
Guna mengantisipasi permasalahan diatas, dalam penelitian ini akan diteliti satu metoda pembelajaranyang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan hubungan yang kuat antar mata kuliah dalam satu rumpun. Metoda yang akan dicoba diimplementasikan adalah metoda pembelajaran “Integrated Lesson Learned”.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-25 01:56:34
The Copyright belong to the author and the right to reproduce, reprint, and distribute manuscriot that published on MODUL ( ISSN 2598-327X) shall be assigned to the journal and Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Diponegoro as publisher of the journal by the author (s) via copyright transfer that being signed by the corresponding author before issued by MODUL.
Alamat Redaksi (Mailing Address):
Departemen Arsitektur FT. UNDIP
Jl. Prof. Soedarto, SH Kampus Tembalang Semarang Indonesia 50275
Telp. (024) 7470690 Fax. (024) 7470690
email : modulundip@arsitektur.undip.ac.id; modulundip@gmail.com
ISSN (p) : 0853-2877 / ISSN (e) : 2598-327X
Indexed by Google Scholar , Scientific_Literature , portal garuda, neliti, microsoft academic, sinta, dimension, Index Copernicus International
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
unique visitoe