skip to main content

KAJIAN APLIKASI WARNA INTERIOR RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PADA PSIKOLOGI PASIEN ANAK (STUDI KASUS : RSIA HERMINA PANDANARAN)

*Ayu Wandira  -  Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Septana Bagus Pribadi  -  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Warna  merupakan  unsur  penting  dalam  desain.  Setiap  warna  mampu  memberikan  kesan  dan  identitas tertentu  sesuai  kondisi  sosial  pengamatnya.  Komposisi  dan  kombinasi  warna  pada  interior  bangunan  akan menciptakan persepsi bagi pengguna bangunan tersebut.

Rumah sakit merupakan fasilitas umum penyembuhan yang vital bagi semua golongan masyarakat. Pada rumah sakit, terutama rumah sakit ibu dan anak, stimulus penyembuhan bagi pasien tidak hanya bergantung pada obat-obatan, namun juga kondisi lingkungan dimana pasien tersebut dirawat.  Lingkungan menga ndung rangsang yang kemudian ditanggapi oleh manusia dalam bentuk respon tertentu.

Pada studi kasus RSIA Hermina Pandanaran ini dilakukan kajian untuk memperoleh aplikasi warna terbaik bagi  sebuah  rumah  sakit  yang  memberikan  pengaruh  terbaik  kepada  psikologi  pasien  anak  sebagai  pengguna bangunan.  Dari  hasil  kajian  diketahui  bahwa  warna-warna  tertentu  dapat  memicu  psikologis  anak,  dan  pada akhirnya akan menjadi stimulus pada proses penyembuhannya.

 

Kata Kunci : Warna, RSIA, Anak, Psikologis, Penyembuhan

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 12:19:33

No citation recorded.