skip to main content

KESESUAIAN RUMAH MINIMALIS TERHADAP IKLIM TROPIS


Citation Format:
Abstract

Rumah adalah sebuah bangunan yang dijadikan tempat tinggal pada jangka waktu tertentu.  Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep – konsep social kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal seperti keluarga, tempat bertumbuh, makan, tidur, beraktivitas dll.  Dilihat dari pengertiannya, jelas bahwa rumah memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan sebagai tempat tinggal dan beraktivitas.  Minimalis merupakan suatu kata yang cenderung mengarah ke suatu kesederhanaan.  Dalam desain suatu rumah, minimalis termasuk salah satu konsep yang sekarang ini digemari oleh masyarakat.  Perumahan di daerah Semarang pun mulai berkembang pesat dengan konsep desain ini.

Dalam arsitektur, membuat suatu bangunan rumah tinggal di Semarang yang baik, harus bercirikan tropis, dimana salah satunya dengan memberikan tritisan yang dapat melindungi dinding bangunan dari radiasi sinar matahari langsung yang merambat ke dalam ruangan.  Radiasi sinar matahari juga terpengaruh oleh orientasi fasade bangunan dimana banyak sedikitnya intensitas radiasi sinar matahari tersebut.

Dari hasil hasil penelitian rumah yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia khususnya Kota Semarang adalah rumah dengan type Boogey di Perumahan Graha Candi Golf, yang berorientasi ke arah tenggara. Dikarenakan hanya tersinari selama 20 menit dengan prosentase penyinaran sebesar 19.96%. Angka prosentase ini tidak melebihi dari standar yang ada yaitu selama 2 jam penyinaran rata-rata prosentase penyinaran adalah 30%. Sehingga, rumah ini mampu beradaptasi dengan iklim tropis.

Kata kunci : rumah, minimalis, tropis

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-24 08:54:08

No citation recorded.