skip to main content

PENGARUH PENAMBAHAN KANDUNGAN SILIKON PADA BESI COR KELABU DENGAN METODE FLUIDITAS STRIP MOULD TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO

*Yusuf Umardani  -  Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Dari berbagai jenis besi cor yang ada, besi cor kelabu (grey cast iron), yaitu besi tuang dengan bentuk grafit flake, merupakan besi cor yang paling banyak digunakan. Besi cor ini kekuatan tariknya tidak begitu tinggi dan keuletannya rendah sekali (Nil Ductility) sehingga tidak dapat dibentuk dengan cara selain pengecoran dan proses permesinan. Ketangguhan besi cor ini juga rendah, hal ini disebabkan karena bentuk grafitnya yang berupa flake dimana ujung-ujung flake ini merupakan takikan yang sangat menurunkan ketangguhan.
Pada penelitian in“Pengaruh Penambahan Kandungan Silikon Pada Besi Cor Kelabu Dengan Metode Fluiditas Strip mould Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro”adalah untuk mengetahui Struktur komposisi besi cor kelabu dengan variasi campuran Silikon & mengetahui seberapa panjang lintasan yang terbentuk, sifat Kekerasan, dan struktur mikrografi material sehingga dari hasil analisa ini material logam tersebut dapat digunakan dalam konstruksi mesin.
Untuk melihat pengaruh Silikon terhadap hasil coran, digunakan pengujian panjang lintasan yang terbentuk , kekerasan dan struktur mikro sesuai variasi Si yang sebagai campurannya. Dari pengujian ini, diketahui semakin banyak Si semakin alirannya berkurang dibanding yang sedikit Si,untuk pengujian kekerasan dengan Si lebih banyak angka kekerasannya akan menurun dan untuk hasil pengujian mikrografi semakin banyak mengandung Si hasil struktur mikronya akan membentuk grafit serpih.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.