skip to main content

OPTIMASI DENSITAS FILTER BERBAHAN SERBUK ARANG KAYU-PE DENGAN PROSES SINTER

*Susilo Adi Widyanto  -  Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Arang kayu telah lama digunakan sebgai bahan filter dan terbukti ekonomis. Salah satu aplikasi filter adalah proses penjernihan air. Beberapa metode proses pembuatan filter telah dikembangkan, salah satu diantaranya adalah dengan proses sinter.

Paper ini secara khusus membahas optimasi densitas pada proses pembuatan filter aktif dengan proses sinter berbahan arang kayu jati dengan bahan pengikat limbah plastik. Parameter penelitian berupa komposisi bahan arang-bahan pengikat, waktu penahanan, ukuran partikel serbuk, beban kompaksi dan temperatur aktivasi.

Hasil pengujian densitas menunjukkan bahwa peningkatan persentase PE dalam campuran bahan filter meningkatkan densitas produk. Pada temperatur sinter 135 derajat celcius, variasi waktu penahanan belum berpengaruh pada densitas produk. Peningkatan ukuran partikel serbuk menurunkan densitas produk. Temperatur aktivasi berperan dalam penentuan densitas akhir produk, peningkatan temperatur aktivasi menurunkan densitas produk akibat terjadinya peningkatan pori pada permukaan bahan arang.

Fulltext View|Download
Keywords: arang kayu, filter, PE, sinter

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 12:33:04

No citation recorded.