skip to main content

AAnalisis Pengaruh Slip, Open Pocket, dan Pemodelan Kavitasi terhadap Karakteristik Thermohydrodynamic Thrust Bearing dengan Menggunakan CFD

*Muchammad Muchammad  -  University of Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 ROTASI

Citation Format:
Abstract

Thrust bearing merupakan bantalan yang didesain untuk menahan beban yang sejajar dengan sumbu aksial dari permukaan yang berputar hal ini membuat penggunaan pelumas memegang peranan yang sangat penting untuk membatasi gesekan yang terjadi antara komponen-komponen yang mengalami kontak sehingga dapat menghindari efek negatif akibat gesekan tersebut. Perkembangan dalam dunia industri dan kebutuhan manusia yang pesat menghadapkan para ilmuan pada persoalan untuk dapat meningkatkan performa pada bantalan. Adapun salah satu cara atau metode yang digunakan untuk meningkatkan performa bearing yaitu dengan memberikan kondisi batas slip, memberikan surface texturing berupa open pocket pada permukaan bearing dan pemodelan fenomena kavitasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian slip, pemberian open pocket, dan pemodelan non kavitasi dan dengan kavitasi pada pelumasan thrust bearing serta menggunakan variasi nilai Hmin yaitu: 15, 20, 50, dan 80 terhadap peforma thrust bearing yang dilihat dari distribusi temperatur, distribusi tekanan, load support, dan friction.

Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa, pemberian kondisi open pocket dengan permukaan slip menghasilkan nilai dari load support, friction, dan tekanan yang tinggi, serta pengaruh temperatur pada kondisi open pocket dengan permukaan slip sangat kecil sehingga nilai load support tetap meningkat. Selain itu, untuk kondisi kavitasi dan non kavitasi, untuk hasil tekanan, load support, friction hasil non kavitasi lebih besar dibandingkan hasil kavitasi. Namun, untuk hasil temperatur berbanding terbalik, dimana hasil non kavitasi lebih rendah dibandingkan hasil kavitasi.

Fulltext View|Download
Keywords: Open pocket thrust bearing, kondisi slip, kavitasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-04 01:01:57

No citation recorded.