skip to main content

Rekonstruksi Geneologis dan Analisis Nilai – Nilai Spiritualitas dalam Legenda Ratu Roro Kidul: Kajian Sastra Lisan

Program Studi Sastra Program Magister, Universitas Sanata Dharma, Jl. STM Pembangunan, Caturtunggal, Depok, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

Received: 15 Oct 2024; Published: 4 Jun 2025.
Editor(s): Vania Hanjani

Citation Format:
Abstract
Cerita tentang Roro Kidul merupakan mitos atau legenda yang terkenal di Indonesia. Cerita ini berkaitan dengan kepercayaan akan adanya seorang ratu yang menjadi penguasa Pantai Selatan yang memiliki beberapa versi di setiap daerah. Ada yang menyebut Roro Kidul sebagai Nyai Roro Kidul, Kanjeng Ratu Kidul, Lara Kidul, dan sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pada pemahaman tentang mitos Roro Kidul, dengan fokus khusus pada aspek genealogis dan spiritualitasnya. Oleh sebab itu, pendekatan tradisi lisan, dengan menggunakan teori geneologis dan spiritualitas dipilih untuk menjawab topik tersebut. Konsep-konsep utama yang digunakan untuk penelitian ini, yaitu konsep mitosologi, genealogi, kepercayaan tradisional, spiritualitas, interaksi budaya, dan keragaman budaya. Konsep-konsep ini digunakan sebagai kerangka konseptual dasar untuk memahami fenomena penelitian ini. Metode penelitian adalah kajian Pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian ini mengungkap narasi tentang Roro Kidul memiliki banyak versi yang berkembang di berbagai daerah (Yogyakarta, Palabuhratu, Solo dan Jakarta) narasi tersebut digunakan sebagai alat legitimasi politik dan spiritual, serta mencerminkan identitas budaya masyarakat. Roro Kidul juga dianggap sebagai entitas spiritual yang memengaruhi kehidupan sosial dan budaya. Meskipun pemahaman tentangnya berubah seiring waktu, esensi spiritualitas dan pengaruhnya terhadap keseimbangan alam dan kehidupan manusia tetap dipertahankan.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Amir, Y., & Lesmawati, D. R. (2016). RELIGIUSITAS DAN SPIRITUALITAS: KONSEP YANG SAMA ATAU BERBEDA? Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2(2), 67–73
  2. Andari, S., Noorman, S., & Muhtadin, T. (2016). MITOS NYAI RORO KIDUL DALAM NOVEL SANG NYAI. Jurnal Al-Tsaqafa, 13(2)
  3. Andayani, A., & Jupriono, D. (2019). REPRESENTATION OF NYI RORO KIDUL IN MYTH, LEGEND, AND POPULAR CULTURE. Anaphora: Journal of Language, 2, 28–36
  4. Avianto, Y. N. (2007). TARI BEDHAYA KETAWANG DI KRATON SURAKARTA HADININGRAT. Universitas Sebelas Maret
  5. Bourguignon, E. (1973). Religion, Altered States of Consciousness, and Social Change. Ohio University Press
  6. Brakel, C. (1997). “Sandhang-pangan” for the Goddess: Offerings to Sang Hyang Bathari Durga and Nyai. Source: Asian Folklore Studies, 56(2), 253–283. https://about.jstor.org/terms
  7. Buchari, M., & Zahra, E. S. N. (2014). Rajah Pemikat Ratu Kidul. Penerbit Ilmu Giri
  8. Chairul, M., & Umanailo, B. (2019). Pemikiran Michael Foucault. Diakses Dari Https://Www. Researchgate. . https://doi.org/10.31219/osf.io/h59t3
  9. Damayanti, N. Y. (2018). Katalok Pameran Nasional Narasi Mitos dan Legenda Indonesia dalam Ekspresi Batik Tamarin. Scritto
  10. Fadlilah, A., & Dwiputri, K. (2018). COMPARISON OF GENDER INJUSTICE IN THE LEGENDS AND PAINTINGS OF NYI RORO KIDUL :STUDY OF FEMINISM. Available at SSRN 3297376. https://ssrn.com/abstract=3297376
  11. Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. Basic Books
  12. Hadiwidjaja, K. G. P. H. (1974). Bedoyo Ketawang. Urip-urip Radya Pustaka
  13. Ichsan, Y., & Hanafiah, Y. (2020). MISTISISME DAN TRANSENDENSI SOSIO-KULTURAL ISLAM DI MASYARAKAT PESISIR PANTAI PARANGKUSUMO YOGYAKARTA. Sosial Dan Budaya, 5(1). https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.856
  14. Jordaan, R. E. (1997). Tārā and Nyai Lara Kidul: Images of the Divine Feminine in Java. In Source: Asian Folklore Studies (Vol. 56, Issue 2)
  15. https://about.jstor.org/terms
  16. Keesing, R. M. (1982). Rethinking “mana.” Journal of Anthropological Research, 38(2), 137–156
  17. Kumbara, A. A. N. A. (2018). Genealogi Teori dan Metodologi di Cultural Studies. In Jurnal Studi Kultural: Vol. III (Issue 1). http://journals.an1mage.net/index.php/ajsk
  18. Laporan Akhir Jasa Konsultasi Penelitian Labuhan Kraton. (2020)
  19. Ningrum, H. M. C. (2022). MITOLOGI NYAI RORO KIDUL PADA TRADISI LABUHAN DALAM PERSPEKTIF GENEALOGI MORAL NIETZSCHE. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  20. Nurfaidah, R. (2022, February 21). The Long-Lasting Gender: Cases of the Female Legendary Spirits on Indonesia Stories. ICON-DEMOST 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315610
  21. Pradoko, A. M. S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Beyond. Media Akademi
  22. Rahayu, Y. (2016). KEARIFAN LOKAL PANTAI LAUT SELATAN (MITOS NYI RORO KIDUL) SEBAGAI DESA WISATA DAN ASSET KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Media Wisata, 14(2). http://kisahasalusul.blogspot.com,
  23. Rahmah, L. S., & Mahdi, S. (2014). Comparison of Structural Reduction in Indonesian Legend and Myth. International Journal of English and Education , 3(3), 300–308. www.ijee.org
  24. Rakean Kala Suta. (n.d.). Pernik - Pernik Folklore Lokal Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi
  25. Rama, H. B. (2016). GENEALOGI ILMU TARBIYAH DAN PENDIDIKAN ISLAM: Studi Kritis terhadap Masa Pertumbuhan. V(2). https://escholarship.org/uc/item/4046g0fp
  26. Resink, G. J. (1997). Kanjeng Ratu Kidul: The Second Divine Spouse of the Sultans of Ngayogyakarta. In Source: Asian Folklore Studies (Vol. 56, Issue 2). https://about.jstor.org/terms
  27. Santosa, I. B. (2021). SPIRITUALISME JAWA Sejarah , Laku, dan Intisari Ajaran. DIVA Press
  28. Sari, F. (2017). Pro-Cons of Sea Alms Traditions in the Perspective of Religion and Culture. Kaunia, XIII(1), 11–13
  29. Sastrowardoyo, S., Damono, S. D., & Achmad, A. K. (Eds.). (1985). ANTHOLOGY OF ASEAN LITERATURE Oral Literature of Indonesia. The ASEAN Committee on Culture and Information
  30. Setiawan, I. (2009). MITOS NYI RORO KIDUL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT CIANJUR SELATAN. Patanjala, 1(2), 188–200
  31. Soedarsono, R. (1999). Seni Pertunjukkan Indonesia di Era Globalisasi. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Dekdikbud
  32. Subagyo. (2004). NYAI RATU KIDUL Hanya Rekayasa Politik
  33. Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KIALITATIF DAN R&D. Penerbit Albeta
  34. Supartono, A. R., Dwirizki, A., Mauraputri, N., Irsyam, W., Suseno, B. R., Gatra, P., & Fonseca, B. (2024). SPIRITUALITAS DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN (STUDI KASUS: BEBERAPA DAERAH DI INDONESIA). 9(5). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i5
  35. Tisnawijaya, C. (2024). Perjanjian Dengan Maut dan Galau Di Laut Selatan: Representasi Jejak Mistis Nyai Roro Kidul dalam Sistem Kepercayaan Masyarakat Jawa. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 22–32. https://doi.org/10.24036/jbs.v12i1.127535
  36. Ulyan, M. (2017). DEKONSTRUKSI MITOS KANJENG RATU KIDUL DALAM PENDIDIKAN AKIDAH PERSPEKTIF KH. IBNU HAJAR SHOLEH PRANOLO (1942 M - SEKARANG (2017) [Institut Agama Islam Negeri (IAIN)]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/ https://repository.uinsaizu.ac.id/3825/1/ULYAN_DEKONSTRUKSI%20MITOS%20KANJENG%20RATU%20KIDUL.pdf
  37. Upacara Labuhan. (2014, March). Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. https://budaya.jogjaprov.go.id/artikel/detail/317-upacara-labuhan
  38. Wardani, L. K. (2008). The Power of Symbol at Keraton Yogyakarta. FINE ARTS IN EGYPT 100 YEARS OF CREATIVITY
  39. Wessing, R. (1997). A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyai Roro Kidul. In Source: Asian Folklore Studies (Vol. 56, Issue 2). https://about.jstor.org/terms
  40. Wessing, R. (2006). Homo Narrans in East Java: Regional Myths and Local Concerns. In Source: Asian Folklore Studies (Vol. 65, Issue 1). https://www.jstor.org/stable/30030373
  41. Wessing, R. (2016). Nyai Rara Kidul: The Antecedents of a Cosmopolitan Queen. In Source: Anthropos. https://www.jstor.org/stable/44791274
  42. Wiyatmi. (2019). WHEN WOMEN ARE GUARDIANS OF NATURE: READING IDEOLOGY OF ECOFEMINISM IN INDONESIAN FOLKLORES. Proceedings of the 28th International Conference on Literature: “Literature as a Source of Wisdom”, 978–623. https://doi.org/10.24815/.v1i1.14472

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-07 15:49:28

No citation recorded.