skip to main content

Melampaui Maskulinitas Tradisional: Pelabelan ‘Boti’ pada Laki-Laki Pengguna Kosmetik

Diponegoro University, Indonesia

Received: 30 May 2025; Published: 4 Jun 2025.
Editor(s): Muhammad Mukafi

Citation Format:
Abstract

Kosmetik menjadi produk yang dalam perkembangannya selalu dikaitkan dengan kecantikan, perempuan, serta feminitas. Namun, dewasa ini produk kosmetik telah memiliki segmen pasar baru yang menyasar pada konsumen laki-laki. Indonesia dengan masyarakat yang masih diilhami budaya patriarki serta maskulinitas hegemonik yang kental melihat kosmetik sebagai bagian dari nilai-nilai feminin. Standar maskulinitas telah mengatur bagaimana seorang laki-laki dianggap ideal lewat fisik, sikap, serta mentalitasnya. Ini membuat laki-laki pengguna produk kosmetik dipandang sebagai laki-laki feminin. Kelompok ini tersubordinasi dan mendapatkan stigma dari masyarakat dengan sebutan boti. Kata boti yang sebenarnya berasal dari bahasa gay akhirnya mengalami pergeseran makna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode netnografi serta studi pustaka dalam proses pengumpulan data. Teori Maskulinitas Hegemonik milik Connell serta Teori Stigmatisasi milik Goffman dikolaborasikan sebagai pisau analisis yang hasilnya menunjukkan standar maskulinitas yang berlebihan yang ditujukan pada laki-laki pengguna produk kosmetik salah satunya didasari kesalahan pemaknaan kosmetik dalam masyarakat awam. Hal ini pula yang mendasari munculnya stigma boti di masyarakat. Padahal, seiring berkembangnya zaman, maskulinitas berdinamika menghasilkan nilai maskulinitas baru yang disebut sebagai soft masculinity.

Fulltext View|Download
Keywords: Boti, Gender, Kosmetik, Maskulinitas Hegemonik, Stigma

Article Metrics:

  1. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). 2021. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 8 Tahun 2021 tentang Bentuk dan Jenis Sediaan Kosmetika Tertentu
  2. Connell, R. W. & Messerschmidt, J. W. 2005. Hegemonic Masculinity: Rethinking the Concept. Gender and Society. 19(6): 829-859
  3. Diniyah, Ngafiyatut dkk,. 2023. Transformasi Nilai Maskulinitas Laki-Laki Pengguna Kosmetik. Dimesia: Jurnal Kajian Sosiologi. 12(1): 61-72
  4. Ernawati, Arni dan Marta, R. F. 2020. Balutan Identitas Maskulin pada Pengguna Tato dari Perspektif Fenomenologi Levinas. MUDRA: Jurnal Seni Budaya. 35(3): 296-307
  5. Fathinah, Ezzah dkk. 2017. Maskulinitas Baru dalam Iklan Kosmetik Korea: Etude House dan Tonymoly. Patanjala. 9(2): 213-228
  6. Goffman, Erving. 1963. STIGMA: Notes On The Management of Spoiled Identity. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  7. Miranti, Adita dan Sudiana, Yudi. 2021. Pelecehan Seksual pada Laki-Laki dan Perspektif Masyarakat terhadap Maskulinitas (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi. 7(2): 261-276
  8. Oktariana, M. I. A. dkk. 2022. Self-Representation and Symbolic Interactionism in the Gay Community in Jakarta. Moestopo International Review on Societies, Humanities, and Sciences (MIRSHuS). 2(1): 51-60
  9. Ortner, Sherry B. 1974. Is female to male as nature is to culture? In M. Z. Rosaldo and L. Lamphere (eds). Woman, culture, and society. Stanford, CA: Stanford University Press
  10. Rinata, A.R. dkk. 2022. 12 Warna Maskulinitas: Standar Baru Maskulinitas Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic. Jurnal Representamen. 8(2): 14-29
  11. Sahidan, A. P. 2023. Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Nilai Maskulinitas Baru Dalam Iklan Kosmetik Khusus Pria. Commercium. 6(3): 83-91
  12. Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
  13. Vebiana, Dina dan Ariana, A. D. 2023. Maskulinitas dan Intensi Mencari Bantuan pada Laki-Laki Dewasa Awal: Stigma Diri sebagai Mediasi. International Conference of the Apply Psychology on SDGs and The Annual Meeting. 11-19
  14. Wardhana, A. P. 2020. Language of sexuality of gay men in pursuing hookups through online dating aplication. Indonesian Journal of English Languange Teaching. 15(2): 183-201
  15. Widyaningrum, Wahyu. 2014. Pemaknaan Maskulinitas Dalam Iklan Produk Kosmetik Untuk Laki-Laki. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponesgoro
  16. Worotitjan, H. C. 2014. Konstruksi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik Wardah. Jurnal E-Komunikasi. 2(2): 1-10
  17. Yusanta, D. A. 2022. Pendisiplinan Maskulinitas dan Wacana Maskulinitas Garis Lurus. Memetika: Jurnal Kajian Budaya. 4(1): 1-7

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-07 15:54:47

No citation recorded.