UJI KAUSITAS GRANGER PADA MODEL HARGA SAHAM PT INDOFOOD SUKSES MAKMTUR INDONESIA TBK.

*Di Asih I Marudani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Tutut Dewi Astuti  -  Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 243 1387
Abstract

ABSTRAK---Jika terdapat dua variabel atau lebih dalam Model Vector Autoregressive (VAR) orde p, maka tidak menutup kemungkinan bahwa antara variabel-variabel tersebut saling mempengaruhi. Hubungan ini dapat berupa pengaruh satu arah, dua arab, atau tidak terdapat antar variabel-variabel. Hubungan-hubungan semacam itu disebut hubungan kausalitas. Untuk membuktikan keberadaan hubungan kausalitas dalam suatu model VAR dapat digunakan Uji Kausalitas Granger. Penelitian ini menguji keberadaan hubungan kausalitas antara harga saham dengan kinerja keuangan perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. periode 1998-2005. Penelitian ini akan menyelidiki beberapa  variabel  yang  terlibat dalam model simultan harga saham,  yaitu harga  saham  (Yr)  dan  kinerja kuangan perusahaan  yang  diwakili oleh variabel-variabel Return of Assets atau ROA  (Y2), Debt to Equity Ratio atau DER (Y3), dan Earning Per Share atau EPS (Yr).  Hasil  penelitian menunjukkan  variabel-variabel dalam model tidak stasioner dan terintegrasi pada derajat I, serta residualnya bersifat independen dan terdistribusi normal. Dengan AIC dan SC disimpulkan bahwa masing-masing persamaan memuat 4 lag. Dengan uji kausalitas Granger disimpulkan bahwa terdapat hubungan  satu arah antara variabel harga saham terhadap ROA dan EPS, sedangkan
hubungan satu arah juga ditunjukkan variabel DER terhadap harga saham. Hal ini menuqiukkan bahwa antara harga saham dan kinerja keuangan perusahaan tidak terdapat hubungan dua arah.

Kata  kunci  : model simultan, Vector Autoregressive (VAR), Uji  Kausalitas Granger, Harga Saham,  Return of Assets  (ROA), Debt to Equrty Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS).

Article Metrics: