Variabilitas Keanekaragaman dan Distribusi Vertikal Diatom Danau Rawa Pening

*Tri Retnaningsih Soeprobowati  -  Biology Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University, Indonesia
Received: 23 Dec 2014; Published: 23 Dec 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 1726 4266
Abstract

Secara spasial, diatom tersebar hampir di semua ekosistem perairan, bahkan di tempat lembab dan basah. Dinding sel diatom tersusun dari silika, sehingga fosil diatom dapat tersimpan dengan baik dalam sedimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji variabilitas keanekaragaman diatom Danau Rawa Pening secara vertikal. Perbedaan keanekaragaman dan kemelimpahan diatom pada perlapisan sedimen mengindikasikan perbedaan lingkungan saat diatom tersebut diendapkan.

Sampel sedimen diambil dari 2 lokasi di Danau Rawa Pening, dengan representasi inlet dan tengah danau. Pengambilan sampel dilakukan dengan hand auger. Sampel sedimen dalam corer kemudian diiris tiap 0,5 cm. Diatom dipisahkan dari sedimen dengan perlakukan HCl dan H2O2. Identifikasi diatom dilakukan dengan mikroskup perbesaran 1.000 kali hingga dijumpai minimal 300 valva. Selanjutnya dilakukan penghitungan kemelimpahan relatif dan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Secara vertikal, keanekaragaman diatom variatif antara 1,49 – 3,49. Rendahnya indeks keanekaragaman berkaitan dengan dominansi spesies. Diatom centrales mendominasi lapisan permukaan dengan populasi relatif tinggi dengan spesies dominan Aulacoseira ambigua, A. distans dan A. granulata. Genus Eunotia mendominasi pada lapisan tengah dan Nitzschia palea dan Synedra ulna mendominasi lapisan dalam. Berdasarkan perbedaan kemelimpahan spesies tersebut mengindikasikan  perbedaan kandungan total fosfor dan pH pada saat diatom tersebut diendapkan. Rekonstruksi masa lampau Danau Rawa Pening perlu dilakukan untuk memastikan adanya perubahan kualitas perairannya.

 

Keywords: diatom, keanekaragaman, Rawa Pening, distribusi vertikal, kualitas perairan

Article Metrics: