IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PANDUAN SALAT BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID

*Luthfi Rahman -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Aghus Sofwan -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Christyono -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Diterbitkan: 26 Jul 2017.
Akses Terbuka Copyright (c) 2017 TRANSMISI

Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel Jurnal
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 292 834
Sari
Salat adalah salah satu bentuk ibadah wajib umat Islam kepada Allah SWT. Suatu kewajiban bagi umat Islam melaksanakan salat wajib 5 waktu setiap harinya. Diperlukan pembiasaan dan pemahaman yang baik tentang tata cara salat agar sesuai dengan tuntunannya. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi untuk membantu mereka yang ingin belajar salat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan interaktif. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, dilakukan sejumlah metode penelitian antara lain studi literatur, pengumpulan informasi tentang tata cara salat yang benar, perancangan aplikasi menggunakan UML, dan implementasi aplikasi menggunakan teknologi augmented reality. Hasil dari Penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang menerapkan teknologi augmented reality sebagai panduan tata cara salat pada perangkat berjalan berbasis sistem operasi Android. Untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik, dilakukan sejumlah pengujian dan pengamatan performa di sejumlah perangkat. Dengan begitu diharapkan umat Islam pada umumnya dan umat Islam yang masih awam pada khususnya dapat mempelajari tata cara salat yang benar dengan mudah.
Kata Kunci
Panduan Salat; Augmented Reality; Android

Article Metrics:

  1. T. Purwanti, “Aplikasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Augmented Reality Android,” Surakarta, 2015.
  2. E. Eka Apriyani, M. Huda, and S. Prasetyanisngsih, “Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah,” Infotel, vol. 8, no. 1, 2016.
  3. R. A. Setyawan and A. Dzikri, “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah,” SIMETRIS, vol. 7, no. 1, 2016.
  4. F. Zulham Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016.
  5. E. Setiawan, U. Syaripudin, and Y. A. Gerhana, “Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2016.
  6. N. K. O. Sari, C. P. Nyamon, M. W. A. Kesiman, and I. made G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah dan Pura Goa Gaja,” JPTK Undiksha, vol. 11, no. 2, pp. 75–86, 2014.